PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WONDERING EXPLORING EXPLAINING (WEE) BERBANTUAN PENDEKATAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

DEVI, OKTA RIYANA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WONDERING EXPLORING EXPLAINING (WEE) BERBANTUAN PENDEKATAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of Skripsi DEVI OKTA RIYANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Wondering Exploring Explaining (WEE) berbantuan pendekatan inkuiri terhadap kemampuan pemahaman konsep ditinjau dari kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs N 1 Lampung Selatan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan merupakan teknik Cluster Random Sampling yang kemudian diperoleh kelas VIII E sebagai kelas eksperimen 1 yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Wondering Exploring Explaining (WEE) berbantuan pendekatan inkuiri. Kelas VIII C sebagai kelas eksperimen 2 yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Wondering Exploring Explaining (WEE) dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran langsung. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji analisis variansi dua jalan sel tak sama. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh, pada hipotesis pertama yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran Wondering Exploring Explaining (WEE) berbantuan pendekatan inkuiri terhadap kemampuan pemahaman konsep. Hipotesis kedua yaitu terdapat pengaruh kemandirian belajar siswa tinggi, sedang dan rendah terhadap kemampuan pemahaman konsep. Hipotesis ketiga tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Wondering Exploring Explaining (WEE) berbantuan pendekatan inkuiri terhadap kemampuan pemahaman konsep. Kata Kunci: Wondering Exploring Explaining berbantuan pendekatan inkuiri, kemampuan pemahaman konsep dan kemandirian belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Feb 2023 07:26
Last Modified: 27 Feb 2023 07:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23321

Actions (login required)

View Item View Item