IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH DI MTs AL-IKHLAS TANJUNG BINTANG LAMPUNG SELATAN

AJENG, KESUMA DEWI (2023) IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH DI MTs AL-IKHLAS TANJUNG BINTANG LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI AJENG KESUMA DEWI...pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Optimalisasi pendidikan sebagai usaha pengembangan potensi diri melalui pembelajaran harus ditingkatkan, terlebih di era globalisasi seperti ini. Dalam melaksanakan pengelolaan organisasi terhadap manajemen sumber daya manusia, MTs Al-Ikhlas Tanjung Bintang memiliki personalia dalam melakukan pengelolaan Manajemen yang ada seperti kepala sekolah, komite sekolah, tata usaha, kurikulum, serta sarana dan prasarana. Sumber daya yang ada di MTS Al-Ikhlas sebanyak 28 guru dan 2 staff. Tugas personalia yang ada adalah untuk mencapai kompetensi profesional mereka. Dari Hasil observasi yang penulis dapatkan bahwa masih terdapat pendidik yang belum memenuhi kriteria standar sesuai kualifikasinya yang menunjukkan bahwa sumber daya manusia yang ada belum sepenuhnya berperan dalam meningkatan mutu. Oleh karena itu peneliti memfokuskan permasalahan dalam penelitian ini pada Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Sekolah di Mts Al-Ikhlas. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan deskriptif kualitatif yang di gunakan untuk menganalisis data atau menggambarkan data yang telah terkumpul. Teknik pengumpulan data yaitu observasi,wawancara dan dokumentasi keabsahan data dilakukan dengantriangulasi. Hasil penelitian ini adalah: 1) Implementasi manajemen sumber daya manusia di MTs Al-Ikhlas Tanjung Bintang adalah adanya kebijakan terkait dengan awal perencanaan yang dimulai dengan rapat guru menggunakan analisis SWOT untuk mengetahui kelemahan, kelebihan, peluang, dan ancaman. Adanya rekruitmen, seleksi dalam pemilihan calon pendidik dan tenaga kependidikan harus sesuai dengan kompetensi dan kualifikasi lulusan sarjana (S-1) atau (D-IV). 2) Pelaksanaan mutu sumber daya manusia di MTs Al-Ikhlas Tanjung Bintang adalah memberikan pengetahuan dan wawasan keilmuan melalui keikutsertaan kegiatan diklat, workshop, seminar. Program lainnya dengan menerapkan budaya religius. 3) Faktor pendukung peningkatan mutu pendidikan adalah unggul dalam risetnya, penerapan budaya religius, sarana prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya, sebagian guru yang belum menguasai program teknologi sehingga perlu adanya pelatihan. Kata kunci : Manajemen, Sumberdaya Manusia, Mutu Sekolah iii ABSTRACT Optimizing education as an effort to develop self-potential through learning must be improved, especially in this era of globalization. In carrying out organizational management on human resource management, MTs Al-Ikhlas Tanjung Bintang has personnel in managing existing management such as school principals, school committees, administration, curriculum, and facilities and infrastructure. There are 28 teachers and 2 staff at MTS Al-Ikhlas. The task of existing personnel is to achieve their professional competence. From the results of the observations that the authors get that there are still educators who do not meet the standard criteria according to their qualifications, which shows that existing human resources have not fully played a role in improving quality. Therefore, the researchers focused the problems in this study on the implementation of human resource management in improving the quality of schools at Mts Al�Ikhlas. The method used is a qualitative method with qualitative descriptive which is used to analyze the data or describe what has been collected. Data collection techniques, namely observation, interviews and documentation of the validity of the data were carried out by triangulation. The results of this study are: 1) The implementation of human resource management at MTs Al-Ikhlas Tanjung Bintang is the existence of policies related to the beginning of planning that begins with the teacher meeting using SWOT analysis to find out weaknesses, strengths, opportunities, and threats. 2) The implementation of the quality human resources at MTs Al-Ikhlas Tanjung Bintang is to provide knowledge and scientific insight through participation in training activities, workshops, seminars. Another program by implementing a religious culture. 3) Supporting factors for improving the quality of education are excellence in research, application of religious culture, and adequate infrastructure. Meanwhile, the inhibiting factor is that some teachers have not mastered the technology program so that training is needed. Keywords: Management, Human Resources, School Quality

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Feb 2023 06:44
Last Modified: 27 Feb 2023 06:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23317

Actions (login required)

View Item View Item