PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI EDUCATOR DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MAN 1 LAMPUNG SELATAN

Ahmad, Samsudin (2023) PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI EDUCATOR DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MAN 1 LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of full skripsi sem.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya Pendidikan di Indonesia ialah kualitas pengajarnya yang rendah. Seorang pengajar atau guru merupakan seseorang yang memiliki tugas dan memberikan andil yang besar agar tercapainya kualitas Pendidikan yang diinginkan. Seorang guru tidak hanya berperan sebagai pengajar atau pendidik akademis, tetapi seorang guru juga berperan sebagai pendidik karakter, moral serta budaya. Kepala madrasah ialah seorang guru yang diberi tugas tambahan yang memiliki peran sebagai educator. Edukasi kepala madrasah sangat diperlukan agar tingkat profesionalisme guru dapat lebih baik, karna guru merupakan penentu keberhasilan Pendidikan. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kepala madrasah sebagai educator dalam meningkatkan professionalism guru di MAN 1 Lampung Selatan. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah metode wawancara, observasi, dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data menggunkan triangulasi sumber. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa Peran Kepala Madrasah sebagai Educator dalam Meningkatkan Professionalisme guru di MAN 1 Lampung Selatan, yaitu: 1) Dalam pembinaan mental kepala madrasah menciptakan iklim sekolah yang kondusif sudah melakukannya dengan cukup baik, yaitu dengan melengkapi sarana dan prasarana pembelajaran. 2) Dalam pembinaan moral kepala madrasah sudah melakukannya dengan sangat maksimal. 3) Dalam pembinaan artistik terhadap profesionalisme guru di MAN 1 Lampung Selatan sudah maksimal. kepala madrasah selalu mengutus guru untuk mengikuti pelatihan yang diadakan pemerintah, selain itu kepala madrasah juga mengutus dan membantu guru-guru yang belum mendapatkan sertifikasi untuk terus semangat melengkapi persyaratan-persyaratannya, Selain itu kepala madrasah juga suka memberikan reward/hadiah kepada guru serta murid berprestasi. 4) Dalam pembinaan fisik kepala madrasah selalu melakukan senam dan bersih�bersih lingkungan madrasah agar tetap menjaga kesehatan para guru. Kata Kunci: Peran Kepala Madrasah dan Professionalisme Guru iv ABSTRACT Education is an organization that functions as a forum or place to carry out teaching and learning activities, where children or students gain knowledge. One of the factors that cause low education in Indonesia is the low quality of the teachers. A theacher is someone who has a duty and makes a big contribution to achieving the desired quality of education. A teacher does not only act as a teacher or academic educator, but a teacher also acts as an educator of character, morals and culture. The head of the madrasa is ateacher who is given additional duties who have the role of an educator. Madrasah principal education is very necessaryso that the level of teacher professionalism can be better, because theachers are the determinants of the success of education. So the purpose of this study is to determine the role of the head of the madrasa as an educator in increasing teacher professionalism at MAN 1 South Lampung. The type of research that researchers use is qualitative research. Data collection methods that researchers use are interviews, observation, and documentation. The data sources used that primary and secondary data sources. The primary data sources are the head of the madrasa, waka for the student affairs, teachers, and student. Secondary data sources are in the form madrasa documents. The data analysis of this research used data reduction, data presentation and conclusion drawing. Meanwhile, the data validity test uses source triangulation. The result obtained indicate that the role of the head madrasah principal as an educator in improving teacher professionalism at MAN 1 South Lampung, is: 1) In creating a conducive school climate, the Madrasah principal has done quite well, by completing learning facilities and infrastructure. 2) in giving advice the head of the madrasa has done it very maximally. 3)in giving encouragement to the professionalism of the teachers at MAN 1 South Lampung, it has been maximized. The head of madrasa always sends teachers to attend training held by the government, both district and provincial, besides that the head of madrasa also sends and helps teachers who have not received certification to continue to enthusiastically complete the requirements outstanding teachers and students. Keyword: The Role of the Head of Madrasah and Tecaher Professionalism

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Feb 2023 04:48
Last Modified: 27 Feb 2023 04:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23316

Actions (login required)

View Item View Item