PENGARUH LAYANAN KONSELING INDIVIDU MENGGUNAKAN TEKNIK COGNITIVE DEFUSION DALAM MENINGKATKAN PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK DI SMK PGRI 04 BANDAR LAMPUNG

SELTIRYA, DARA RAMADHAN (2023) PENGARUH LAYANAN KONSELING INDIVIDU MENGGUNAKAN TEKNIK COGNITIVE DEFUSION DALAM MENINGKATKAN PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK DI SMK PGRI 04 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 5 dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Seltirya Revisi_1.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Peserta didik yang tidak percaya diri memiliki konsep diri negatif, kurangnya percaya diri membuat peserta didik sering menutup diri terhadap dunia luar yang lebih luas. Tanpa percaya diri seorang peserta didik memiliki resiko kegagalan atau kurang optimal dalam mengerjakan tugas, sedangkan perserta didik yang mempunyai rasa percaya diri mempunyai rasa senderung berani tampil bahkan tanpa persiapan apapun dan tanpa memikirkan hasilnya. Berdasarkan data awal yang diperoleh penulis peserta didik di SMK PGRI 04 Bandar Lampung diketahui ada peserta didik yang mengalami masalah percaya diri. Percaya diri dalam proses belajar mengajar di dunia pendidikan merupakan suatu hal yang berperan penting untuk menunjang tercapainya percaya diri dalam mengoptimalkan kemampuan serta kemampuan peserta didik. Salah satu teknik konseling yang dapat meningkatkan percaya diri adalah teknik cognitive defusion, teknik cognitive defusion merupakan teknik yang digunakan untuk mengurangi pikiran negative dengan cara merubah konteks masalah yang terjadi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif karena data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistic, desain penelitian menggunakan desain Quasi Eksperimen atau eksperimen dengan one group pretest dan posttest. Dimana peneliti memberikan pretest sebelum melakukan treatment kemudian setelah melakukan treatment dilakukan posttest dengan tujuan hasil perlakuan diketahui lebih akurat karena dapat membandingkan dengan keadaann sebelum diberi treatment. Adapun hasil yang dapat diketahui saat sebelum diberikan treatment yaitu skor dengan rata-rata 47 kemudian dilakukan treatment berupa konseling individu menggunakan teknik cognitive defusion dan setelahnya dilakukan test kembali hasil dari test sesudah diberikan treatment yaitu skor nilai rata-rata 88. Hasil penelitian ini juga memnunjukan bahwa rata-rata percaya diri meningkat dibandingan dengan sebelum diberikan treatment. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa layanan konseling individu menggunakan teknik iv cognitive defusion berpengaruh untuk meningkatkan percaya diri peserta didik kelas X SMK PGRI 4 Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Feb 2023 03:07
Last Modified: 27 Feb 2023 03:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23308

Actions (login required)

View Item View Item