ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-ESTEEM SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

SHOFA, NABILLA (2023) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-ESTEEM SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI  FULL SHOFA NABILLA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan literasi matematis siswa kelas XI yang masih kurang, perlu ditinjau lebih lanjut berdasarkan tingkatan self-esteem siswa. Padahal, Literasi matematika membantu seseorang untuk memahami kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari dan menggunakannya untuk mengambil keputusan yang tepat sebagai warga negara yang membangun, peduli, dan berpikir. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa yang memiliki domain self-esteem tinggi, sedang maupun rendah dalam pemecahan masalah matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskripsi dengan pendekatan kualitatif. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas XI SMPIT Permata Bunda IBS Bandar Lampung dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket, tes soal, dan wawancara dengan menggunakan triangluasi teknik. Berdasarkan analisis data dari reduksi penyajian data, dan penarikan kesimpulan dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan kemampaun literasi matematis siswa dengan self-esteem tinggi dan sedang mampu memenuhi kemampuan literasi matematis: (a) merumuskan, (b) menerapkan, dan (c) menafsirkan. Siswa dengan self-esteem rendah mampu memenuhi kemampuan literasi matematis: (a) merumuskan. Kata Kunci: Kemampuan Literasi Matematis, Self-Esteem

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Feb 2023 07:28
Last Modified: 23 Feb 2023 07:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23282

Actions (login required)

View Item View Item