SISTEM PENGGUNAAN UANG ELEKTRONIK OVO DALAM TRANSAKSI EKONOMI PERSPEKTIF FIQH MUAMALAH (Studi pada Pengguna Aplikasi Ovo di Kelurahan Tanjung Aman Kecamatan Kotabumi Selatan)

Bagas, Kusuma Atmaja (2023) SISTEM PENGGUNAAN UANG ELEKTRONIK OVO DALAM TRANSAKSI EKONOMI PERSPEKTIF FIQH MUAMALAH (Studi pada Pengguna Aplikasi Ovo di Kelurahan Tanjung Aman Kecamatan Kotabumi Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL BAGAS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

ABSTRAK OVO merupakan salah satu perusahaan yang memberikan pelayanan keuangan berbasis digital yang kini sedang digandrungi oleh mayoritas masyarakat Indonesia. Pelayanan keuangan berbasis digital ini sangat efektif dan mempermudah transaksi pembayaran yang biasa dilakukan oleh masyarakat.Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui apa akad yang digunakan dalam transaksi aplikasi OVO karena masih banyak masyarakat belum mengetahui akad apa yang digunakan, dikarenakan mayoritas masyarakat Indonesia beragama Islam Tentunya dalam transaksi aplikasi OVO ini harus sesuai dengan hukum Islam dan prinsip Muamalah. Ketertarikan saya untuk meneliti dengan rumusan masalah:1).Bagaimana Sistem penggunaan uang elektronik pada aplikasi OVO Dalam Transaksi Ekonomi di Kelurahan Tanjung Aman Kecematan Kotabumi Selatan ; 2). Bagaimana Perspektif Fiqh Muamalah Terhadap Transaksi OVO Terhadap Uang Elektronik OVO Dalam Transaksi Ekonomi di Kelurahan Tanjung Aman Kecamatan Kotabumi Selatan. Jenis Penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan untuk mengumpulkan data atau informasi sesuai dengan keadaan asli pada lapangan. Data primer diperoleh melalui metode wawancara dan data skunder diambil dari rujukan kepustakaan berupa buku-buku, hasil penelitian seperti jurnal, skripsi dan sumber lain nya yang berkaitan dengan penelitian ini. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis menggunakan teknik Wawancara , Dokumentasi dan Observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem dalam aplikasi OVO menyebutkan sistem transaksi terbagi menjadi 2 yaitu OVO Cash (top up) cara pengisiannya bisa lewat Bank/ATM/M�Banking dan beberapa bank yang telah bermitra dengan OVO adalah Bank BCA, Bank Mandiri, Bank BRI, dan Bank lainnya, pengisian dapat juga dilakukan di toko-toko bertanda OVO, merchant terdekat,dan stand OVO yang tersebar di beberapa lokasi dan OVO Point, Pengguna OVO sendiri diklasifikasi menjadi dua golongan yaitu pengguna dengan kualifikasi OVO Club yaitu golongan dengan kekurangan tidak bisa menarik saldo yang sudah disetorkan dan OVO Premiumgolongan yang bisa menarik saldo dan bisa memiliki saldo hingga 20 juta. Prinsip Fiqh Muamalah penting untuk memfilter agar transaksi yang lahir dalam dunia bisnis terbebas dari unsur-unsur yang dilarang seperti gharar, riba, dan maysir. Perspektif Fiqh Muamalah iii menyebutkan bahwa akun OVO Club tidak sepenuhnya menggunakan akad qardh dikarenakan konsumen tidak bisa menggunakan dananya sewaktu-waktu membutuhkan, kesenjangan dalam fitur pengguna OVO Points juga karena tidak sepenuhnya menggunakan akad Jualah yang dipakai dalam pelaksanaannya mengandung unsur Riba. OVO Point disini disebutkan sebagai diskon yang sewaktu-waktu pengguna membeli sesuatu yang kemudian menjadi reward atau OVO Point. Kata Kunci : OVO, Fiqh Muamalah, Uang Elektronik, Top-up,Qard

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Feb 2023 03:46
Last Modified: 23 Feb 2023 03:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23268

Actions (login required)

View Item View Item