STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTs AL-KHAIRIYAH KAMPUNG BARU

SALSA, FITRI AULIA (2023) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MTs AL-KHAIRIYAH KAMPUNG BARU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI SALSA FITRI AULIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kepala Sekolah sebagai pengelola institusi pendidikan, tentu saja mempunyai peran yang teramat penting, karena ia sebagai desainer, pengorganisasi, pelaksana, pengelola tenaga kependidikan, dan pengawas program pendidikan di sekolah atau madrasah, Peran Kepala Sekolah yang efektif tentu akan mempengaruhi kinerja guru, sehingga guru menjadi bersemangat dalam menjalankan tugasnya. Hal ini disebabkan guru merasa mendapat perhatian, rasa aman, dan pengakuan atas prestasi kinerjanya. Penelitian ini merupakan penelitian untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh kepala sekolah MTs Al-Khairiyah Kampung Baru dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara,dan dokumentasi, selanjutnya penyajian data menggunakan pendekatan deskriptif, berupa kata-kata, tulisan, atau lisan dari subyek yang diamati yaitu, Kepala sekolah dan Guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanan strategi kepala sekolah pada aspek kinerja guru yang mencangkup, pembinaan kinerja guru, pengawasan kinerja guru, pembinaan disiplin tenaga kependidikan, pemberian motivasi, pemberian penghargaan, sudah berjalan dengan baik, hanya saja belum maksimal, kinerja guru yang mencangkup penyusunan prangkat pembelajaran, evaluasi hasil proses belajar, dan tindak lanjut hasil pembelajaran dikatagorikan sudah baik, hanya saja dalam hal pelaksanaan pembelajaran yaitu pada penggunaan metode dan media belajar masih kurang efektif. Kata Kunci : Strategi Kepala madrasah, Kinerja Guru iii ABSTRACT The principal as the manager of an educational institution, of course, has a very important role, because he is a designer, organizer, implementer, manager of educational staff, and supervisor of educational programs in schools or madrasas. The role of an effective principal will certainly affect teacher performance, so that teachers be enthusiastic about doing their job. This is because the teacher feels that he is getting attention, a sense of security, and recognition for his performance achievements. This research is a study to find out the strategies used by the principal of MTs Al-Khairiyah Kampung Baru in Improving Teacher Performance. This study used a qualitative approach with data collection techniques, namely observation, interviews, and documentation. Furthermore, the presentation of data used a descriptive approach, in the form of words, writing, or verbally from the subjects observed, namely, the principal and teacher. The results of this study indicate that the implementation of the principal's strategy on aspects of teacher performance which includes teacher performance coaching, teacher performance monitoring, coaching discipline of education staff, giving motivation, giving awards, has gone well, it's just not optimal, teacher performance includes preparation learning sets, evaluation of learning process results, and follow-up of learning outcomes are categorized as good, it's just that in terms of the implementation of learning, namely the use of learning methods and media is still less effective. Keywords: Madrasa Principal Strategy, Teacher Performance

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Feb 2023 02:53
Last Modified: 23 Feb 2023 02:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23266

Actions (login required)

View Item View Item