PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)SISWA KELAS VIII DI SMPN 20 BANDAR LAMPUNG

Ashari, Ridho (2017) PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)SISWA KELAS VIII DI SMPN 20 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Konsep Diri Terhadap Minat Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Kelas VIII di SMPN 20 Bandar Lampung Oleh :RidhoAshari Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara konsep diri terhadap minat belajar PAI siswa kelasVIII di SMPN 20 Bandar Lampung. Konsp diri adalah gambaran kecil yang dimiliki seseorang tentang dirinya yang dibentuk berdasarkan pengalaman yang diperoleh dari interaksi dengan lingkungan nya. Konsep diri yang dimaksud adalah penilaian menyeluruh tentang diri sendiri dilihat dari pandangan dan sikap individu siswa terhadap keseluruhan keadaan dirinya yang mencakup keadaan fisik, moral dan etika, social, hingga di lingkungan keluarga. Minat belajar adalah kecenderungan jiwa terhadap Sesuatu hal yang sesuai dengan kebutuhannaya dan memberikan kepuasan (satisfied) dalam mempelajarinya. Minat belajar yang di maksud adalah perasaan senang, keterlibatan siswa, ketertarikan dan perhatian didalam pembelajaran Agama Islam. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi.Subjek penelitian sebanyak 30 responden, menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data konsep diri siswa (X) dan minat belajar PAI (Y) menggunakan angket yang di ukur dengan sekala likert. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistic dengan Softwere SPSS17,0 for Windows dan Microsoft Office Excel. Pengujian penelitian menggunakan analisis regresi. Pengujian hipotesis penelitian menunjukan bahwa: nilai rata-rata untuk variabel konsep diri adalah 150,6667 dengan kategori “CUKUP” yaitu pada interval 146-155, dan nilai rata-rata dari minat belajar PAI Siswa adalah 58,8 dalam kategori “CUKUP” pada interval56 – 60, sedangkan pengaruh konsep diri terhadap minat belajar PAISiswa, ditentukan dengan koefisien korelasi (rt)=0,536 pada taraf signifikansi 5% = 0,361 dan pada taraf 1% = 0,463 kemudian dalam uji signifikansi (th) = 3,365 >ttabel (0,05 : 30) =2.042dan ttabel(0,01) = 2,750 menunjukkan bahwa ada pengaruh antara konsep diri siswa terhadap minat belajar PAI siswa dan Freg= 28 pada taraf signifikansi F0,05(1;30) = 4.20 dan F0,01(1;30) =7.64 Dan persamaan regresiY=0,300x +13.541 merupakan persamaan garis linier regresinya. Dari penghitungan pengaruh konsep diri terhadap minat belajar PAI siswa maka dapat dilihat bahwa nilai kosfisien determinasi yang ditunjukkan pengaruh konsep diri terhadap minat belajar siswa adalah sebesar 28,73%. Sedangkan 71,27% nya bisa di pengaruhi oleh faktor lain misalnya perhatian orangtua, lingkungan tempat tinggal dan lain sebagainya. Kata Kunci :KonsepDiri, MinatBelajar PAI.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: PERPUSTAKAAN PUSAT UIN RIL
Date Deposited: 20 Nov 2017 07:43
Last Modified: 20 Nov 2017 07:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2326

Actions (login required)

View Item View Item