PENGARUH CUSTOMER SATISFACTION, USABILITY DAN TRUSTTERHADAP KEMUDAHAN DAN KENYAMANAN BERTRANSAKSI DI BANK SYARIAH TANGGAMUS DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Akbarani, Tara Nika (2023) PENGARUH CUSTOMER SATISFACTION, USABILITY DAN TRUSTTERHADAP KEMUDAHAN DAN KENYAMANAN BERTRANSAKSI DI BANK SYARIAH TANGGAMUS DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI Akbarani Tara Nika.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Islam telah sempurna dalam mengatur semua kehidupan manusia baik mengatur hubungan dengan sang pencipta yaitu Allah SWT. dalam ibadah maupun hubungan manusia dengan manusia sebagai mahluk-Nya dalam melakukan kegiatan muamalah. Untuk itu wajiblah bagi manusia untuk mentaatinya, dengan bermuamalah sesuai ajaran islam agar terjauh dari riba. Pada penelitian dalam skripsi ini di latar belakangi oleh sebuah transaksi bank yang berbasis syariah, yaitu ditentukan oleh seberapa baiknya suatu bank dalam menyediakan fasilitas maupun pelayanan yang diberikan untuk nasabah sehingga kemudahan dan kenyamanan dapat dirasakan oleh setiap nasabah atau calon nasabah yang akan melakukan transaksi menggunakan produk bank syariah. Dalam dunia perbankan khususnya syariah, harus dituntut untuk menunjukan kinerja yang lebih baik dan pelayanan juga harus lebih baik agar terwujudnya kepuasan nasabah terhadap bank yang digunakannya. Rumusan masalah pada penelitian ini dilakukan untuk melihat: (1) Bagaimana pengaruh customer satisfaction dengan kemudahan dan kenyamanan bertransaksi di Bank Syariah Tanggamus?, (2) Bagaimana pengaruh usability dengan kemudahan dan kenyamanan bertransaksi di Bank Syariah Tanggamus?, (3) dan bagaimana pengaruh trust dengan kemudahan dan kenyamanan bertransaksi di Bank Syariah Tanggamus Dalam Perspektif Ekonomi Islam?. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui dan menjelaskan customer satisfcation berepengaruh dengan kemudahan dan kenyamanan bertransaksi di Bank Syariah Tanggamus, (2) Untuk mengetahui dan menjelaskan usability berpengaruh dengan kemudahan dan kenyamanan bertransaksi di Bank Syariah Tanggamus, (3) Untuk mengetahui dan menjelasakan trust berpengaruh dengan kemudahan dan kenyamanan bertransaksi di Bank Syariah Tanggamus Dalam Persepektif Ekonomi Islam?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan kuisioner dengan menyebarkan secara langsung kepada nasabah yang berkunjung ke lokasi Bank Syariah Tanggamus. Sumber data penelitian ini diperoleh melalui data primer, populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah nasabah di Bank Syariah Tanggamus. Data dalam penelitian ini, menunjukan berdistribusi normal. Berdasarkan uji validitas, reliabilitas, normalitas,linieritas,multikolinieritas, heteroskedastisitas, dan uji hipotesis tidak ditemukan penyimpangan-penyimpangan asumsi dasar, dengan kata lain data yang digunakan telah memenuhi syarat dalam penggunaan model persaamaan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil dari penelitian pada analisis regresi linier berganda, uji persial (t) menyimpulkan bahwa ariabel customer satisfcation memperoleh nilai signifikansi 0,048 > 0,05 serta koefisien bernilai positif (0,299) maka dengan kata lain customer satisfcation (X1) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemudahan dan kenyamanan bertransaksi di Bank Syariah (Y). Variabel usability memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,135 > 0,05 serta koefisien bernilai positif (0,274) maka dengan kata lain usability (X2) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemudahan dan kenyamanan bertransaksi di Bank Syariah (Y). Variabel trust memperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 serta koefisien bernilai positif (0,633) maka dengan kata lain trust (X3) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemudahan dan kenyamanan bertransaksi di Bank Syariah (Y). Dalam menguji penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS 2019, dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh tidaknya variabel-variabel X terhadap variabel Y. Pentingnya memberikan pelayanan yang berkualitas merupakan komponen penting bagi suatu perusahaan, karena pelayanan tidak hanya memberikan informasi dan melayani, namun pelayanan harus memberikan kualitas pelayanan yang terbaik untuk nasabah dengan cara penyampaiannya dapat dipahami maupun dimengerti dan merasakan kenyamanan. Begitu juga dengan customer satisfaction, usability, dan trust terhadap kemudahan dan kenyamanan bertransaksi dalam perspektif ekonomi Islam, yang sesuai dengan yang telah difirmankan oleh Allah SWT. Kata Kunci : Customer satisfaction, Usability, dan trust. ABSTRACT Islam has been perfect in managing all human life both in managing relationships with the creator, namely Allah SWT. in worship and human relations with humans as His creatures in carrying out muamalah activities. For this reason, it is obligatory for humans to obey it, with muamalah according to Islamic teachings so that they are far from usury. The research in this thesis is motivated by a sharia-based bank transaction, which is determined by how good a bank is in providing the facilities and services provided to customers so that ease and comfort can be felt by every customer or prospective customer who will make transactions using the product. Islamic Bank. In the world of banking, especially sharia, it must be demanded to show better performance and service must also be better so that customer satisfaction is realized with the bank it uses. The formulation of the problem in this study was conducted to see: (1) How does customer satisfaction affect the ease and convenience of transactions at the Tanggamus Syariah Bank?, (2) How does usability affect the ease and convenience of transactions at the Tanggamus Syariah Bank?, (3) and how does it affect trust with the ease and convenience of transactions at the Tanggamus Sharia Bank in an Islamic Economic Perspective?. The purposes of this study are: (1) To find out and explain customer satisfaction that has an effect on the ease and convenience of transactions at Bank Syariah Tanggamus, (2) To find out and explain usability has an effect on the ease and convenience of transactions at the Tanggamus Syariah Bank, (3) To find out and explain the influence of trust on the ease and convenience of transactions at the Tanggamus Syariah Bank in an Islamic Economic Perspective?. The method used in this research is quantitative research using a questionnaire by distributing it directly to customers who visit the location of the Tanggamus Sharia Bank. The data source for this research was obtained through primary data, the population used in this study were customers at the Tanggamus Sharia Bank. The data in this study, shows normal distribution. Based on validity, reliability, normality, linearity, multicollinearity, heteroscedasticity, and hypothesis testing did not find deviations from the basic assumptions were found, in other words the data used met the requirements for using the multiple linear regression equation model. Based on the results of research on multiple linear regression analysis, the partial test (t) concludes that the customer satisfaction variable obtains a significance value of 0.048 > 0.05 and the coefficient is positive (0.299) so in other words customer satisfaction (X1) partially has a positive and significant effect to the convenience and comfort of transactions at Islamic Banks (Y). The usability variable obtains a significance value of 0.135 > 0.05 and the coefficient is positive (0.274). In other words, usability (X2) partially has a positive and significant effect on the ease and convenience of transactions at Islamic Banks (Y). The trust variable obtains a significance value of 0.000 <0.05 and a positive coefficient (0.633). In other words, trust (X3) partially has a positive and significant effect on the ease and convenience of transactions at Islamic Banks (Y). In testing this research using the SPSS 2019 application, with the aim of knowing the effect of variable X on variable Y. The importance of providing quality service is an important component for a company, because services not only provide information and serve, but services must provide the best quality service for customers by way of delivery. can be understood and understood and feel comfortable. Likewise with customer satisfaction, usability, and trust in the ease and convenience of transactions in an Islamic economic perspective, which is in accordance with what has been said by Allah SWT. Keywords : Customer satisfaction, Usability, and trust.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Feb 2023 07:33
Last Modified: 22 Feb 2023 07:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23256

Actions (login required)

View Item View Item