DAMPAK PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) TERHADAP PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Desa Durian Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran)

Ridzky, Aldheo Ramadhan (2023) DAMPAK PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) TERHADAP PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Desa Durian Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUSA PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK RIZKI ALDHEO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Upaya pengentasan kemiskinan di Indonesia telah menjadi prioritas disetiap era pemerintahan dengan berbagai program pengentasan kemiskinan yang digulirkan dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan. Pada tahun 2007 pemerintah telah menggulirkan program bantuan tunai bersyarat yang dikenal dengan Program Keluarga Harapan (PKH). PKH bertujuan untuk memutus mata rantai kemiskinan, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, merubah prilaku RTM yang relatif kurang mendukung peningkatan kesejahteraan serta mendukung dalam upaya mempercepat target Millennium Development Goals (MGDs). Permasalahan yang akan dicari jawabannya dalam skripsi ini adalah bagaimana dampak Program Keluarga Harapan (PKH) terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat di Desa Durian Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran menurut perspektif Ekonomi Islam. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak program PKH terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat di Desa Durian Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran menurut perspektif ekonomi Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, quisioner dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa dampak Program Keluarga Harapan sendiri terhadap Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat dapat mengurangi kemiskinan hal ini dapat dilihat dari aksebilitas penerima manfaat dalam pendidikan peningkatan kehadiran siswa sekolah dasar setelah menerima PKH, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas dan berdampak pada penurunan pekerja anak. Dilihat dari nilai-nilai Ekonomi Islam yaitu keadilan, tanggung jawab dan takaful, dalam implementasinya PKH masih sebatas bentuk jaminan sosial pemerintah untuk masyarakat dalam mendorong terciptanya hubungan baik antara pemerintah dan masyarakat, sedangkan nilai keadilan dan tanggung jawab kurang terlaksana dengan baik karena masih ditemukan ketidaktepatan sasaran dalam menentukan anggota penerima PKH yang layak. Kata Kunci: Program Keluarga Harapan, Kesejahteraan, Perspektif Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Feb 2023 07:04
Last Modified: 22 Feb 2023 07:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23247

Actions (login required)

View Item View Item