PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH SISTEM PENYALURAN DANA BANK SYARIAH PADA MASYARAKAT (Studi di Desa Sukamulya Lempasing Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran)

Astri, Devei (2023) PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH SISTEM PENYALURAN DANA BANK SYARIAH PADA MASYARAKAT (Studi di Desa Sukamulya Lempasing Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI ASTRI DEVEI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Disaat ekonomi masyarakat mengalami penurunan. Salah satu produk dari Bank BTPN Syariah yaitu penyaluran dana atau pembiayaan menjadi salah satu solusi dalam membantu perekonomian. Pembiayaan dari bank BTPN Syariah ada di Desa Sukamulya Lempasing merupakan pembiayaan tanpa jaminan dan tabungan tanpa biaya administrasi, maka dengan itu pembiayaan oleh BTPN Syariah ini hadir untuk membantu dan mewujudkan perekonomian masyarakat di Desa Sukamulya Lempasing agar jauh lebih baik, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana sistem penyaluran dana bank syariah pada masyarakat di Desa Suka Mulya Lempasing dan Bagaimana perspektif Hukum Ekonomi Syariah mengenai sistem penyaluran dana Bank Syariah pada masyarakat di Desa Suka Mulya Lempasing. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana sistem penyaluran dana bank syariah pada masyarakat di Desa Suka Mulya Lempasing dan Untuk mengetahui bagaimana prespektif Hukum Ekonomi Syariah mengenai sistem penyaluran dana Bank Syariah pada masyarakat di Desa Suka Mulya Lempasing Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Dengan menggunakan metode observasi yang dilakukan pada tempat penelitian, metode wawancara (interview). kemudian dianalisis dengan menggunakan metode diskriptif analisis. Adapun analisis adalah dengan menggunakan pola pikir induktif yaitu penulis menggambarkan kejadian atau fenomena yang ditemukan dilapangan, kemudian dianalisis untuk mendapatkan hasil penelitian atau kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diperoleh kesimpulan bahwa sistem penyaluran dana atau pembiayaan Bank syariah di Desa Suka Mulya Lempasing Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran ini menggunakan akad wakalah wal murabahah dan menerapkan pembiayaan dengan sistem kafalah atau sistem kewajiban bersama, jika ada salah satu anggota yang tidak bisa membayar angsuran, maka kafalah atau sistem kewajiban bersama diberlakukan. Penerapan akad wakalah wal murabahah dalam pembiayaan ini tidak diterapkan dalam pelaksanaannya, pembiayaan ini saat pelaksanaan akad tidak ada barang-barang yang diakadkan atau diperjual belikan pembiayaan ini hanya berbentuk uang bukan barang, marginnya yang dihitung berdasarkan plafond dan bukan iii berdasarkan harga barang serta tidak ada pengawasan lebih lanjut setelah pencairan dana hal ini memungkinkan pembiayaan tersebut digunakan untuk membeli barang diluar kesepakatan kedua belah pihak ataupun yang tidak sesuai dengan syariah, pembiayaan tersebut tidak sesuai dengan syariah islam pembiayaan ini bisa terjadi tadlis, gharar dan didapati riba.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Feb 2023 06:45
Last Modified: 22 Feb 2023 06:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23246

Actions (login required)

View Item View Item