PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKTUAL DENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

VIRDA, GIAND AQNEZA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKTUAL DENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (9MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL VIRDA GIAND AQNEZA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis peserta didik dalam pembelajaran matematika merupakan salah satu kemampuan yang diperlukan oleh peserta didik sebagai penunjang dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Berdasarkan hasil pra-penelitian menunjukan bahwa kemampuan pemahaman konsep dan Berpikir kritis peserta didik masih rendah, hal ini terlihat dari hasil uji kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas IX A yang memperoleh nilai diatas KKM dengan nilai ≥ 70 sebanyak 9 dari 30 peserta didik, dan hasil uji Berpikir kritis peserta didik kelas IX A yang memperoleh nilai diatas KKM dengan nilai ≥ 70 sebanyak 11 dari 30 peserta didik, selain itu kurang bervariasinya model pembelajaran yang digunakan. Maka dari itu penulis tertarik untuk menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan Berpikir kritis. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran kontektual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kritis peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Kontektual (contextual teaching and learning) dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian menggunakan jenis penelitian Quasy Experimental Desain, sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IXA dan IXC SMP Mutiara Bangsa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik dalam pengumpulan data berupa Tes dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Multivariate Analysis Of Variance (Manova) dengan sig < 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan yang sudah dilakukan nilai sig dari kemampuan pemahaman konsep dan Berpikir kritis kurang dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan, terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan Berpikir kritis peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kontektual (Contextual Teaching and Learning ). Kata kunci : Model pembelajaran kontektual (Contextual Teaching and Learning), kemampuan pemahaman konsep dan Berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Feb 2023 03:50
Last Modified: 22 Feb 2023 03:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23241

Actions (login required)

View Item View Item