UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK YANG KECANDUAN DALAM BERMAIN GAME ONLINE DI MASA PEMBELAJARAN DARING DI SMP NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG

Novi, Asriani (2023) UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK YANG KECANDUAN DALAM BERMAIN GAME ONLINE DI MASA PEMBELAJARAN DARING DI SMP NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL NOVI ASRIANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Minat belajar adalah kecenderungan dan kegairahan yang tinggi atau keinginan yang besar terhadap sesuatu. Minat belajar yang tinggi cenderung menghasilkan prestasi belajar yang tinggi, sebaliknya jika minat belajar rendah maka akan menghasilkan prestasi yang rendah pula. Sehingga dengan begitu guru bimbingan dan konseling harus membantu peserta didik secara optimal dalam meningkatkan minat belajar saat disekolah agar tidak terjadi penurunan prestasi belajar pada peserta didik. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pelaksanaan Layanan Konseling kelompok dalam meningkatkan minat belajar peserta didik yang mengalami kecanduan bermain game online di masa pembelajaran daring Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 8 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, data yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi yang melibatkan guru bimbingan dan konseling (BK) yang bertugas serta menangani masalah peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 8 Bandar Lampung. Hasil penelitian mengenai upaya guru bimbingan konseling dalam meningkatkan minat belajar peserta didik yang mengalami kecanduan bermain game online di masa pembelajaran daring melalui layanan konseling kelompok sesuai dengan langkah-langkah dalam pelaksanaan layanan konseling kelompok, berikut langkah-langkah yang di gunakan guru bimbingan dan konseling dalam Pelaksanaan Layanan konseling kelompok dalam meningkatkan minat belajar peserta didik yang mengalami kecanduan bermain game online di masa pembelajaran daring di SMP Negeri 8 Bandar Lampung, sebagai berikut: 1) Tahap pembentukan; 2). Tahap perencanaan kegiatan; 3). Tahap pelaksanaan kegiatan dan 4). Tahap pengakhiran. Guru bimbingan dan konseling melaksanakan layanan konseling kelompok dalam meningkatkan minat belajar peserta didik yang mengalami kecanduan bermain game online di masa pembelajaran daring pada peserta didik di SMP Negeri 8 Bandar Lampung dan juga dengan adanya hasil wawancara, observasi dan dokumentasi menunjukkan bahwa guru bimbingan dan konseling sudah melaksanakan layanan konseling kelompok dengan dengan baik dan sesuai dengan langkah-langkah pada teori bimbingan dan konseling. Hasil pelaksanaan layanan konseling kelompok yang dilaksanakan oleh guru bimbingan dan konseling di SMP Negeri 8 Bandar Lampung selama 4 pertemuan dapat meningkatkan minat belajar peserta didik yang mengalami kecanduan bermain game online di masa pembelajaran daring hal ini dibuktikan dengan adanya perubahan prilaku dan sikap yang positif sesuai pada indikator minat belajar pada saat proses pembelajaran. Kata kunci : Layanan Konseling Kelompok, Minat Belajar iii ABSTRACT Interest in learning is a tendency and high enthusiasm or a great desire for something. High learning interest tends to produce high learning achievement, conversely if learning interest is low it will also produce low achievement. So that the guidance and counseling teacher must help students optimally in increasing interest in learning while at school so that there is no decrease in learning achievement in students. The goal to be achieved from this research is to find out the implementation of group counseling services in increasing the learning interest of students who are addicted to playing online games during the online learning period in Class VIII Students of SMP Negeri 8 Bandar Lampung in the 2021/2022 Academic Year. The research method used in this study is a descriptive method with a qualitative approach, data collected through interviews, observation and documentation involving guidance and counseling teachers (BK) who are in charge of and handle the problems of class VIII students at SMP Negeri 8 Bandar Lampung. The results of the research regarding the efforts of guidance and counseling teachers in increasing the learning interest of students who are addicted to playing online games during online learning through group counseling services are in accordance with the steps in implementing group counseling services, the following are the steps used by guidance and counseling teachers in The implementation of group counseling services in increasing the learning interest of students who are addicted to playing online games during the online learning period at SMP Negeri 8 Bandar Lampung, as follows: 1) Formation stage; 2). Activity planning stage; 3). Stage of implementation of activities and 4). Termination stage. Guidance and counseling teachers carry out group counseling services in increasing the learning interest of students who are addicted to playing online games during the online learning period for students at SMP Negeri 8 Bandar Lampung and also with the results of interviews, observations and documentation showing that the guidance and counseling teacher has carry out group counseling services properly and in accordance with the steps in the guidance and counseling theory. The results of the implementation of group counseling services carried out by guidance and counseling teachers at SMP Negeri 8 Bandar Lampung for 4 meetings can increase the learning interest of students who are addicted to playing online games during the online learning period. This is evidenced by changes in positive behavior and attitudes according to the indicators of interest in learning during the learning process. Keywords: Group Counseling Services, Interest in Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Feb 2023 03:24
Last Modified: 22 Feb 2023 03:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23237

Actions (login required)

View Item View Item