PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINERING AND MATHEMATIC (STEM) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X SMA NEGERI 1 ADILUWIH

SUCI, SUSANTI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINERING AND MATHEMATIC (STEM) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X SMA NEGERI 1 ADILUWIH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL SUCI SUSANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINERING AND MATHEMATICS (STEM) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X SMA NEGERI 1 ADILUWIH Oleh : Suci Susanti Rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi khususnya pada ranah konitif menjadi permasalahan yang harus diperbaiki, dimana dalam pra-penelitian ini diidentifikasi masih kurangnya hasil belajar ranah kognitif peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Adiluwih. Dengan demikian dilakukanlah penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Blended Learning berbasis pendekatan Science, Technology Engineering And Mathematics (STEM) memiliki pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas X pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 1 Adiluwih. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes dengan soal pilihan ganda dan nontes dengan dokumentasi. Sampel penelitian terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 32 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran Blended Learning berbasis pendekatan Science, Technology Engineering And Mathematics (STEM) terhadap hasil belajar peserta didik kelas X pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 1 Adiluwih. Pengaruh dari model pembelajaran yang diterapkan dapat dilihat dari uji hipotesis yang memperoleh nilai sig. 0,001 < 0,05 dengan demikian penelitian yang dilakukan dapat menjawab rumusan masalah yang telah ditentukan. Kata Kunci : Blended Learning, Science, Technology Engineering And Mathematics, STEM, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Feb 2023 02:51
Last Modified: 22 Feb 2023 02:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23236

Actions (login required)

View Item View Item