STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM PENGELOLAAN PROGRAM TAHFIDZ QUR’AN DI MTS N 1 LAMPUNG SELATAN

ALVINA, OCTIKA (2023) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM PENGELOLAAN PROGRAM TAHFIDZ QUR’AN DI MTS N 1 LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI ALVINA OCTIKA 1811030173.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK MTs N 1 Lampung Selatan memiliki program unggulan yakni adanya program tahfidz Qur’an. Namun, kualitas program tahfidz Qur’an di MTs N 1 Lampung Selatan belum begitu stabil karena beberapa hal yaitu waktu pertemuan yang singkat, jumlah guru tahfidz belum sebanding dengan jumlah siswa yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui strategi kepala madrasah dalam pengaturan waktu pada program tahfidz Qur’an. 2) mengetahui strategi kepala madrasah dalam merancang dampak akhir pada program tahfidz Qur’an. 3) mengetahui strategi kepala madrasah dalam pemusatan upaya pada program tahfidz Qur’an. 4) mengetahui strategi kepala madrasah dalam pola keputusan pada program tahfidz Qur’an. 5) mengetahui strategi kepala madrasah dalam proses alokasi sumber daya dan kegiatan harian pada program tahfidz Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber. Sumber data penelitian: Kepala Madrasah, Ketua Program Tahfidz, dan Guru Tahfidz. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kepala madrasah dalam pengelolaan program tahfidz Qur’an di MTs N 1 Lampung dalam pengaturan waktu pada program tahfidz Qur’an memiliki pengaturan yang jelas. Strategi kepala madrasah dalam merancang dampak akhir pada program tahfidz Qur’an yaitu siswa dapat menghafal minimal 1 juz Al-Qur’an pada juz 30 dengan benar-benar dapat memahami kaidah hukum bacaan Al-Qur’an. Strategi kepala madrasah dalam pemusatan upaya pada program tahfidz Qur’an yaitu dengan menggunakan metode yang sama yakni metode talaqqi. Strategi kepala madrasah dalam pola keputusan pada program tahfidz Qur’an yaitu ijazah asli tidak akan diberikan kepada siswa yang target hafalan Qur’annya belum selesai. Strategi kepala madrasah dalam proses alokasi sumber daya dan kegiatan harian pada program tahfidz Qur’an yaitu sudah berjalan cukup baik. Kata kunci : Strategi Kepala Madrasah, Program Tahfidz Qur’an iv ABSTRACT MTs N 1 South Lampung has a superior program, namely the tahfidz Qur'an program. However, the quality of the tahfidz Qur'an program at MTs N 1 South Lampung is not very stable due to several things, namely the short meeting time, the number of tahfidz teachers is not proportional to the number of students present. This study aims to: 1) find out the strategy of the headmaster of the madrasa in setting the time for the tahfidz Qur'an program. 2) knowing the strategy of the head of the madrasa in designing the final impact on the tahfidz Qur'an program. 3) knowing the strategy of the head of the madrasa in concentrating efforts on the tahfidz Qur'an program. 4) knowing the strategy of the madrasa head in decision patterns in the tahfidz Qur'an program. 5) knowing the strategy of the head of the madrasa in the process of allocating resources and daily activities in the tahfidz Qur'an program. This research use desciptive qualitative approach. Data collection techniques carried out through interviews, observation, and documentation. Data validity was tested by source triangulation. Sources of research data: Head of Madrasah, Head of Tahfidz Program, and Tahfidz Teacher. Data analysis using data reduction, data presentation and conclusion. This research shows that the strategy of the madrasa head in managing the tahfidz Qur'an program at MTs N 1 Lampung in setting the time for the tahfidz Qur'an program has clear arrangements. The madrasa principal's strategy in designing the final impact on the tahfidz Qur'an program is that students can memorize at least 1 juz of the Qur'an in juz 30 by really being able to understand the legal rules of Al-Qur'an reading. The madrasa principal's strategy in concentrating efforts on the tahfidz Qur'an program is to use the same method, namely the talaqqi method. The strategy of the head of the madrasa in the decision pattern in the tahfidz Qur'an program is that the original diploma will not be given to students whose target of memorizing the Qur'an has not been completed. The madrasa principal's strategy in the process of allocating resources and daily activities in the tahfidz Qur'an program is already going quite well. Keywords: Madrasah Principal Strategy, Tahfidz Qur'an Program

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Feb 2023 02:07
Last Modified: 22 Feb 2023 02:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23234

Actions (login required)

View Item View Item