TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP HUTANG KOPI DIBAYAR CENGKIH (Studi di Desa Sindang Agung Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Lampung Utara)

RAHMA, DINIATI (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP HUTANG KOPI DIBAYAR CENGKIH (Studi di Desa Sindang Agung Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Lampung Utara). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RAHMA DINIATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah telah terjadinya praktik hutang kopi dibayar cengkih antara pihak yang berhutang dan pihak yang memberikan hutang di Desa Sindang Agung Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Lampung Utara. Akad dalam transaksi tersebut adanya kesepakatan yang dibuat oleh kedua belah pihak, pihak pemberi hutang memberikan syarat apabila telah jatuh tempo petani harus mengembalikan hutangnya menggunakan cengkih dengan menghitung harga kopi dan cengkih saat jatuh tempo. Hutang piutang seperti ini sudah berlangsung lama hingga sekarang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana praktik hutang kopi dibayar cengkih di Desa Sindang Agung Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Lampung Utara. 2) Bagaimana pandangan hukum Islam terhadap hutang kopi dibayar cengkih di Desa Sindang Agung Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Lampung Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik hutang kopi dibayar cengkih di Desa Sindang Agung Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Lampung Utara dan untuk mengetahui pandangan hukum Islam terhadap praktik hutang kopi dibayar cengkih di Desa Sindang Agung Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Lampung Utara. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian lapangan (field research) data primer diperoleh dari hasil wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan cara dan pemeriksaan data dan sistematika data. Analisis data dilakukan dengan cara analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dijelaskan bahwa praktik pelaksanaan hutang kopi dibayar cengkih di Desa Sindang Agung Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Lampung Utara terjadi ketika pihak berhutang meminjam kopi kepada pihak pemberi hutang dan hutang tersebut dibayar pada tahun depan menggunakan cengkih. Perjanjian hutang piutang ini dilakukan secara lisan dan berdasarkan asas kepercayaan. Dalam praktiknya kopi dan cengkih mengalami kenaikan harga sehingga pihak berhutang dan pihak pemberi hutang tidak saling merugikan. Ketika sudah jatuh tempo hutang tersebut belum dapat dibayarkan oleh pihak berhutang maka pihak pemberi hutang tetap akan memberikan kelonggaran waktu sampai hutang tersebut lunas. Hutang kopi dibayar cengkih yang terjadi di Desa Sindang Agung Kecamatan Tanjung Raja Kabupaten Lampung Utara hukumnya mubah. Dikarenakan hal ini tidak termasuk riba sehingga tidak bertentangan dengan hukum Islam. Kata Kunci: Hutang Piutang, Kopi, Cengkih

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Feb 2023 04:37
Last Modified: 20 Feb 2023 04:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23213

Actions (login required)

View Item View Item