ANALISIS SIYASAH DUSTURIYAH TERHADAP PEMENUHAN HAK MASYARAKAT MISKIN MENERIMA BANTUAN HUKUM BERDASARKAN PERATURAN GUBERNUR LAMPUNG NOMOR 22 TAHUN 2020 (Studi di Desa Purworejo Kecamatan Kotagajah Kabupaten Lampung Tengah)

ANA, RODHATUL JANNAH (2023) ANALISIS SIYASAH DUSTURIYAH TERHADAP PEMENUHAN HAK MASYARAKAT MISKIN MENERIMA BANTUAN HUKUM BERDASARKAN PERATURAN GUBERNUR LAMPUNG NOMOR 22 TAHUN 2020 (Studi di Desa Purworejo Kecamatan Kotagajah Kabupaten Lampung Tengah). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of ANA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pemerintah telah mengeluarkan peraturan Gubernur Lampung Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Peraturan Pelaksana Peraturan Daerah Provinsi Lampung Nomor 3 Tahun 2015 tentang Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Miskin, yang dapat ditetapkan dengan baik bagi para advokat atau lembaga bantuan hukum lainnya. Bantuan hukum merupakan salah satu cara negara memenuhi komitmennya untuk menegakkan penegakan hak asasi warga negara secara tertib, adil, dan efektif, khususnya keadilan (access to justice). Bantuan hukum pada dasarnya adalah konsep yang sama, yaitu memberikan bantuan hukum kepada orang-orang miskin atau kelompok orang yang tidak mampu membayar pengacara, tanpa memandang suku, agama, ras, antar golongan atau pendapat politik. Adapun permasalahan yang di angkat dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana Bantuan Pemenuhan Hak Masyarakat Miskin Menerima Bantuan Berdasarkan peraturan Gubernur Lampung Nomor 22 Tahun 2020 serta 2. Bagaimana Analisis Siyasah Dusturiyah Terhadap pemenuhan Hak Masyarakat Miskin Menerima Bantuan Hukum di Desa Purworejo Kecamatan Kotagajah? serta penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bantuan Pemenuhan Hak Masyarakat Miskin Berdasarkan peraturan Gubernur Lampung Nomor 22 Tahun 2020 tentang Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Miskin dan untuk Mengetahui Analisis Siyasah Dusturiyah Terhadap pemenuhan Hak Masyarakat Miskin Menerima Bantuan Hukum di Desa Purworejo Kecamatan Kotagajah . Metode yang digunakan peneliti dalam melakukan penelitian ini terdapat beberapa cara metode pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini sebagai berikut seperti jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian lapangan yang dilakukan langsung atau riset langsung yang terjadi di lapangan, penelitian ini bersifat analisis, data primer penelitian ini didapatkan dari hasil wawancara langsung para pihak pelaku praktik jasa titip ini, data sekunder penelitian ini terdapat pada literatur buku-buku, jurnal serta artikel-artikel terdahulu adapun metode pengolahan data yaitu pemeriksaan data dan sistematika data. iv Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil dan kesimpulan sebagai berikut: dapat disimpulkan bahwa Pemberian Bantuan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Desa Purworejo sudah terlaksana sesuai berdasarkan peraturan gubernur tetapi terdapat beberapa faktor yaitu minimnya masyarakat yang mendaftar dan kurangnya Sosialisasi. Hukum perspektif fiqh siyasah dusturiyah telah terjawab. Prinsip-prinsip siyasah dusturiyah yang berkaitan dengan konsep Bantuan Hukum Dalam hukum Islam sudah terjawab yaitu Adanya prinsip untuk saling tolong menolong sesama manusia dan memberikan hak kepada yang berhak menerimanya dengan asas keadilan dan asas persamaan dan keadilan. Kata Kunci: Bantuan Hukum, Masyarakat Miskin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Feb 2023 07:30
Last Modified: 17 Feb 2023 07:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23202

Actions (login required)

View Item View Item