PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MIT APP INVENTOR UNTUK MENSTIMULUS KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA

AMI, TRICIA (2023) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MIT APP INVENTOR UNTUK MENSTIMULUS KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 5 dapus.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of Full Skripsi Ami Tricia.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian pengembangan ini dilakukan sebagai invovasi modul pembelajaran matematika SMP berbantuan MIT App Inventor yang valid, menarik, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis ahli media dan materi, analisis respos peserta didik, dan uji N-Gain. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah kelas A, B, C, D semester 1 jurusan pendidikan matematika UIN Raden Intan Lampung. Hasil uji kelayakan dari validator media yaitu 3,32 dengan kriteria valid, dan rata-rata skor kelayakan ahli materi yaitu 3,52 dengan kriteria valid. Uji kemenarikan mendapat skor 3,54 pada uji skala kecil dengan kriteria “sangat menarik” dan mendapat skor 3,6 pada uji skala besar dengan kriteria “sangat menarik”. Penilaian uji keefektivitasan mendapat skor N-Gain 0,76 dengan kategori tinggi dan efektif untuk digunakan saat pembelajaran. Kata kunci: modul pembelajaran matematika SMP berbantuan MIT App Inventor untuk menstimulus kemandirian belajar ABSTRACT This development research was carried out as an innovation in junior high school mathematics learning modules assisted by the MIT APP Inventor which is valid, interesting, an effective. The type of research used is development research using the ADDIE model. The data analysis, student response analysis, and the N-Gain test. The test subjects in this study were class A, B, C, D semester 1 majoring in mathematics education at UIN Raden Intan Lampung. The result of the feasibility test from the media validator is 3,32 with valid criteria, and the average material expert feasibility score is 3,52 with valid criteria. The attractiveness test got a score is 3,54 on a small scale test with the criteria of “very interesting”. The effectiveness test assessment got an N-Gain score of 0,76 with a high category and is effective for use during learning. Keywords: MIT App Inventor assisted junior high school mathematics learning module to stimulate learning independence

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Feb 2023 07:11
Last Modified: 17 Feb 2023 07:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23197

Actions (login required)

View Item View Item