PENGARUH PENDEKATAN RESOURCE BASED LEARNING BERBANTUAN FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN ANALOGI DAN PENALARAN ADAPTIF MATEMATIS PESERTA DIDIK

NORMA, WELDANIA (2023) PENGARUH PENDEKATAN RESOURCE BASED LEARNING BERBANTUAN FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN ANALOGI DAN PENALARAN ADAPTIF MATEMATIS PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 5 dapus.pdf] PDF
Download (857kB)
[thumbnail of Skripsi Full Norma Weldania (1811050132).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil pra penelitian di SMP Darussalam Argomgulyo diperoleh dugaan bahwa kemampuan penalaran analogi dan penalaran adaptif matematis peserta didik termasuk dalam kriteria rendah. Hal tersebut diketahui karena banyak peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM, terlihat dari cara peserta didik mengerjakan soal,yaitu beberapa peserta didik mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah yang menuntut peserta didik harus menggunakan penalaran analogi dan penalaran adaptif matematis. Untuk menyikapi permasalahan tersebut penulis memberi solusi dengan menerapkan pengaruh pendekatan resource based learning berbantuan flashcard dalam upaya meningkatkan kemampuan penalaran analogi dan penalaran adaptif matematis peserta didik. Jenis penelitian adalah quasy experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IX SMP Darussalam Argomgulyo tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik acak kelas, dimana kelas IX C merupakan kelas eksperimen dan kelas IX B merupakan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa soal tes penalaran analogi matematis, dan tes penalaran adaptif matematis, serta dokumentasi. Adapun uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multivariate Aanlysis Of Variance (MANOVA). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menggunakan uji MANOVA menunjukkan sig. 0,000 < α 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan Terdapat pengaruh pendekatan resource based learning berbantuan flashcard terhadap kemampuan penalaran analogi dan penalaran adaptif matematis peserta didik. Kata Kunci: Pendekatan Resource Based Learning, Flashcard, Penalaran Analogi Matematis, Dan Penalaran Adaptif Matematis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Feb 2023 07:09
Last Modified: 17 Feb 2023 07:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23196

Actions (login required)

View Item View Item