PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SITUATION-BASED LEARNING DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

DEVI, TIARA ROMADHONA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SITUATION-BASED LEARNING DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL DEVI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan hal yang sangat penting bagi peserta didik, karena pada dasarnya mempelajari matematika sama dengan mempelajari konsep. Berdasarkan pra penelitian yang telah dilakukan, terlihat bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik di SMP Paguyuban Bandar Agung masih kurang. Peneliti tertarik untuk menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan dengan mengontol kemandirian belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran situation-based learning dan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental Design dengan rancangan penelitian factorial 1 x 2. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP Paguyuban Bandar Agung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Ancova Satu Jalur (One Way Ancova) dengan taraf signifikansi 0.05 dan diperoleh hasil bahwa (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran situation based learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dengan mengontrol kemandirian belajar peserta didik, (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran situation-based learning dengan memasukkan variabel kovariat kemandirian belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik, (3) Terdapat pengaruh secara simultan model pembelajaran situation-based learning dan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Kata Kunci: Situation-Based Learning, Kemandirian Belajar, Pemahaman Konsep Matematis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Feb 2023 06:57
Last Modified: 17 Feb 2023 07:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23193

Actions (login required)

View Item View Item