PERAN KELOMPOK TANI BERKAH ABADI DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MUSLIM DI DESA LABUHAN RATU IV KECAMATAN LABUHAN RATU KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

AHMAD, GIWANTORO (2023) PERAN KELOMPOK TANI BERKAH ABADI DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MUSLIM DI DESA LABUHAN RATU IV KECAMATAN LABUHAN RATU KABUPATEN LAMPUNG TIMUR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 5 dapus.pdf] PDF
Download (696kB)
[thumbnail of SKRIPSI amat.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Kesejahteraan merupakan hal yang dinginkan oleh setiap orang dalam kehidupannya. Pertanian merupakan sektor unggulan yang secara makro menopang perekonoiman nasional, dan secara mikro menjadi tumpuan pendapatan masyarakat pedesaan. Warga desa Labuhan Ratu IV mayoritas pekerjaannya adalah petani. Untuk itu, dibentuklah kelompok tani yang bernama kelompok tani Berkah Abadi. Kelompok tani ini memilki kegiatan atau program unggulan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat muslim di Desa Labuhan Ratu IV. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran kelompok tani Berkah Abadi dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat muslim di Desa Labuhan Ratu IV dan Apa hambatan yang dialami kelompok tani Berkah Abadi dalam upaya mengingkatkan kesejahteraan masyarakat muslim di Desa Labuhan Ratu IV. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologis, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, informan pada penelitian ini berupa informan kunci, informan utama, dan informan tambahan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran kelompok tani Berkah Abadi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat muslim di Desa Labuhan Ratu IV adalah dengan menjalankan kegiatan kelompok tani Berkah Abadi seperti kegiatan pertemuan rutin, kegiatan koperasi simpan pinjam, kegiatan bantuan pupuk subsidi, kegiatan kerjasama kelompok tani, dan kegiatan keagamaan kelompok tani. Kemudian hambatan yang dirasakan oleh kelompok tani Berkah Abadi dalam menjalankan perannya terjadi karena dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Maka dengan demikian dapat disimpulkan kelompok tani Berkah Abadi dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat muslim di Desa Labuhan Ratu IV adalah dengan mengadakan kegiatan atau porgram peningkatan kesejahteraan dan hambatan dalam menjalankan kegiatan atau program peningkatan kesejahteraan kelompok tani Berkah Abadi terdiri dari dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Kata Kunci : Kelompok Tani, Kesejahteraan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Sosiologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Feb 2023 02:52
Last Modified: 17 Feb 2023 02:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23190

Actions (login required)

View Item View Item