TINJAUAN HUKUM ISLAM MENGENAI KEHARMONISAN RUMAH TANGGA AKIBAT ISTERI ENGGAN TINGGAL SATU RUMAH BERSAMA ORANG TUA SUAMI (Studi Pada Daerah Tanjung Agung Bandar Lampung)

ACHAD, YULIANTA (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM MENGENAI KEHARMONISAN RUMAH TANGGA AKIBAT ISTERI ENGGAN TINGGAL SATU RUMAH BERSAMA ORANG TUA SUAMI (Studi Pada Daerah Tanjung Agung Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI ACHAD YULIANTA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Keluarga yang harmonis ialah keluarga yang didalamnya ditegakkan syariat Allah SWT, keluarga yang di dalamnya terdapat penuh rasa cinta dan pergaulan yang baik. Mewujudkan keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah adalah impian bagi setiap muslim dan muslimah yang akan menghadapi kehidupan berumah tangga. Pada penelitian ini yang dikatakan harmonis adalah sikap rukun dan hormat antara menantu dan mertua. Yaitu menantu yang tinggal bersama dengan mertuanya harus melakukan sikap rukun dan juga hormat kepada mertuanya agar teciptanya hubungan yang baik dalam membangun kehidupan sehari hari. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana menimbulkan sikap rukun dan hormat isteri terhadap mertua yang tinggal bersama dalam satu rumah dan menghormati keputusan suami untuk tinggal bersama mertua, tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji tinjauan hukum islam mengenai keharmonisan rumah tangga akibat isteri enggan tinggal satu rumah bersama orang tua suami. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research). Dalam hal ini data yang diambil dari dua sumber data yaitu data primer dan data sekunder kemudian metode analisis data yang digunakan yaitu metode berfikir induktif yaitu berangkat dari fakta�fakta yang khusus atau peristiwa-peristiwa yang konkrit kemudian dari fakta itu ditarik generalisasi-generalisasi yaitu mempunyai sifat umum. Berdasarkan hasil penelitian pada isteri yang enggan tinggal bersama orangtua suami dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif negative. Pengaruh positif antara lain: tinggal dengan mertua memberikan keuntungan kepada menantu karna dapat menimbulkan kedekatan kepada mertua. Dapat membangun hubungan dan juga dukungan untuk mejalani permasalahan dalam berumah tangga yang baik, seperti dukungan dalam hal menggantikan peran ibu dalam rumah tangganya dan juga dukungan ekonomi. Pengaruh negative antara lain: keluaga memiliki ruang privasi yang terbatas untuk membangun rumah tangga sendiri, membesarkan anak-anak dengan cara sendiri, karna orangtua masih ikut mengambil keputusan dalam membangun keluarga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Feb 2023 02:27
Last Modified: 17 Feb 2023 02:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23189

Actions (login required)

View Item View Item