IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK DALAM MENILAI KEMAMPUAN SISWA PADA PEMBELAJARAN LURING DI SDN 67 OKU

NIDAWUL, HAKIKIN (2023) IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK DALAM MENILAI KEMAMPUAN SISWA PADA PEMBELAJARAN LURING DI SDN 67 OKU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL NIDAUL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penilaian adalah proses untuk pengumpulan data atau informasi untuk menjadi bukti tercapainya pembelajaran peserta didik. Melalui penilaian, guru dapat mengembangkan kompetensi atau talenta yang dimiliki oleh setiap siswa. Adapun kompetensi yang diharapkan dan dikuasi oleh siswa setelah proses belajar mengajar adalah kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru di SDN 67 OKU telah melaksanakan penilaian autentik dalam pembelajaran. Tetapi dalam penilaian autentik guru masih merasakan kesulitan – kesulitan dalam melakukan penilaian autentik pada pembelajaran. Penilaian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan penilaian sutentik dalam menilai kemampuan siswa pada pembelajaran luring di SDN 67 OKU. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskrriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data analisis melalui langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik, triangulasi sumber, dan triangulasi waktu. Hasil dari penilitian ini saat melaksanakan penilaian autentik, guru di SDN 67 OKU sudah melaksanakan dengan baik dilihat dari perencanaan, pelaksanaan penilaian autentik yang mencakup tiga ranah, yaitu: ranah sikap, ranah kognitif, dan ranah keterampilan, hasil penilaian, dan faktor yang mempengaruhi. Namun masih ada beberapa kesulitan-kesulitan yang dirasakan oleh guru dalam melaksanakan penilaian autentik, yaitu kurangnya kemahiran guru dalam mengoperasikan komputer, rumitnya penilaian autentik, alokasi waktu, dan kurangnya pengetahuan orang tua peserta didik. Kata Kunci: Penilaian, Penilaian autetik, Implementasi penilaian autentik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Feb 2023 06:54
Last Modified: 16 Feb 2023 06:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23181

Actions (login required)

View Item View Item