IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DIMASA COVID-19 DI SMP NEGERI 22 BANDAR LAMPUNG

FIRDA, IRADIANA (2023) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DIMASA COVID-19 DI SMP NEGERI 22 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL FIRDA IRADIANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DIMASA COVID-19 DI SMP NEGERI 22 BANDAR LAMPUNG Oleh FIRDA IRADIANA Pendidikan merupakan upaya yang harus diterapkan oleh seluruh pendidik dan peserta didik untuk mengembangkan segala potensi. Pada masa covid-19 Pemerintah Indonesia menetapkan kebijakan Work From Home (WFH) yang biasa disebut dengan bekerja atau belajar dari rumah. Hal ini menjadi tantangan berat bagi para pendidik karena menyebabkan transisi dari sistem pembelajaran tatap muka menuju pembelajaran sistem daring ( dalam jaringan ). Pelaksanaan pembelajaran daring tersebut mendapatkan problematika seperti koneksi jaringan internet, kuota internet, alat komunikasi yang sangat kurang memadai, minimnya pengetahuan tentang penggunaan teknologi, serta berkurangnya motivasi belajar peserta didik. Hal tersebut juga dialami oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 22 Bandar Lampung pada saat pelaksaanaan pembelajaran daring, dimana guru Pendidikan Agama Islam disekolah tersebut menyatakan bahwa pembelajaran daring sangat merubah proses pembelajaran dari yang sebelumnya. Namun, hal ini menjadikan motivasi pendidik untuk terus belajar dan berinovasi pada pembelajaran daring agar pembelajaran tetap bisa terlaksana dengan efektif dan efisien. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deksriptif dengan sumber data premier yaitu kepala sekolah, guru pendidikan agama islam, dan peserta didik di SMP Negeri 22 Bandar Lampung, sumber data sekunder yang peneliti gunakan yaitu dokumen-dokumen sekolah yang berkaitan dengan penelitian teknik pengumpulan data menggunakan observasi atau pengamatan, wawancara dan dilengkapi dengan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi dan untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi data. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti diketahui bahwa implementasi strategi pembelajaran daring pada mata pelajaran pendidikan agama islam dimasa covid-19 meliputi 3 kegiatan yakni proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan berupa pembuatan grup Whatsapp perkelas, menyusun rencana pelaksaanan pembelajaran (RPP), menyiapkan bahan materi pembelajaran serta menentukan media dan metode pembelajaran. Pelaksanaan yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan penutupan pembelajaran. 1) Kegiatan pendahuluan berupa proses awal pembelajaran seperti pengisian absensi melalui google form, 2) Kegiatan inti berupa penyampaian materi dengan penjelasan dan diskusi melalui google site web sekolah atau grup whatsapp, 3) Kegiatan Penutup sebagai kesimpulan pembahasan materi dan berupa penugasan kepada peserta didik. Evaluasi yang dilakukan mencakup aspek penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan. 1) penilaian sikap dilihat dari tingkat keaktifan peserta didik dan disiplin waktu dalam mengerjakan tugas, 2) penilaian pengetahuan dilihat dari hasil tugas-tugas, soal-soal yang berupa tes tertulis, pilihan ganda dan tertulis uraian, 3) penilaian keterampilan dilihat dari tugas pembuatan video hafalan, penilaian portofolio. Hal ini menjadikan kegiatan pembelajaran pendidikan agama islam tetap dapat dilaksanakan pada masa Covid�19. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Daring, Pendidikan Agama Islam, Covid-19.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Feb 2023 06:50
Last Modified: 16 Feb 2023 06:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23179

Actions (login required)

View Item View Item