PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA RODA BERPUTAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS III DI SDN 01 DWI WARGA TUNGGAL JAYA BANJAR AGUNG TULANG BAWANG

RISA, MARLINA (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA RODA BERPUTAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS III DI SDN 01 DWI WARGA TUNGGAL JAYA BANJAR AGUNG TULANG BAWANG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL RISA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakang hasil belajar matematika peserta didik masih rendah. Kelas III A dengan jumlah 27 peserta didik terdapat 7,4% yang berada dibawah nilai kkm, dikelas III B dengan 32 peserta didik terdapat 15,6%, dikelas III C dengan 30 peserta didik terdapat 3,3% dan dikelas III D dengan 30 peserta didik terdapat 3,3%. Ketuntasan keriteria minimum (KKM) yang telah ditetapkan yaitu 60. Masih adanya yang berada dibawah nilai kkm menujukan beberapa permasalahan yang berkaitan dengan hasil belajar matematika peserta didik. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu, apakah terdapat pengaruh penggunaan media roda berputar terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas III di SDN 01 Dwi Warga Tunggal Jaya Banjar Agung Tulang Bawang. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media roda berputar terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas III di SDN 01 Dwi Warga Tunggal Jaya Banjar Agung Tulang Bawang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan Quasy Eksperimen. Jenis desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian kelas III SDN 01 Dwi Warga Tunggal Jaya, sampel dalam penelitian ini adalah kelas III A dan Kelas III B SDN 01 Dwi Warga Tunggal Jaya. Kelas III A sebagai kelas kontrol dan kelas III B sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan tes berbentuk pilihan ganda dan essay. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji prasarat analisis dan uji hipotesis (uji-t). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen sebesar 48,86 dan kelas kontrol sebesar 44,91 sedangkan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen sebesar 84,17 dan kelas kontrol sebesar 71,84. Hasil uji t-test pada kelompok eksperimen dan kontrol menunjukan nilai | thitung| 2,86 lebih besar dari nilai |ttabel| 2,01 yaitu 2,86 ≥ 2,01 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan media roda berputar terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas III di SDN 01 Dwi Warga Tunggal Jaya. Kata kunci: Media Roda Berputar, Hasil Belajar, Matematika iii ABSTRACT This research is motivated by the low mathematics learning outcomes of students. In class III A with 27 students, 7.4% is below the KKM score, in class III B with 32 students there is 15.6%, in class III C with 30 students there is 3.3% and in class III D with 30 students there are 3.3%. The minimum completeness criteria (KKM) that has been set is 60. There are still those who are below the KKM score which addresses several problems related to students' mathematics learning outcomes. The formulation of the problem in this study is whether there is an effect of the use of spinning wheel media on the mathematics learning outcomes of class III students at SDN 01 Dwi Warga Tunggal Jaya Banjar Agung Tulang Bawang. The purpose of this study was to determine the effect of using the spinning wheel media on the mathematics learning outcomes of third grade students at SDN 01 Dwi Warga Tunggal Jaya, Banjar Agung, Tulang Bawang. This research is a quantitative research. The research method used is Quasy Experiment. Type of design Nonequivalent Control Group Design. The research population is class III SDN 01 Dwi Warga Tunggal Jaya, the sample in this study is class III A and class III B SDN 01 Dwi Warga Tunggal Jaya. Class III A as the control class and class III B as the experimental class using purposive sampling technique. The research instrument uses multiple choice tests and essays. Research data were analyzed using prerequisite analysis and hypothesis testing (t-test). Based on the results of the study, the average pre-test score for the experimental class was 48.86 and for the control class was 44.91, while the average post-test score for the experimental class was 84.17 and that for the control class was 71.84. The results of the t-test in the experimental and control groups show the value | tcount| 2.86 is greater than the |ttable| value 2.01, namely 2.86 ≥ 2.01 so that H0 is rejected and Ha is accepted. The conclusion from this study is that there is an effect of using the rotating wheel media on the mathematics learning outcomes of class III students at SDN 01 Dwi Warga Tunggal Jaya. Keywords: Spinning Wheel Media, Learning Outcomes, Mathematics

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Feb 2023 04:46
Last Modified: 16 Feb 2023 04:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23177

Actions (login required)

View Item View Item