MANAJEMEN STRATEGI KEPALA MEDRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MTs YASMIDA AMBARAWA PRINGSEWU

Sherlyana, Dian Tiffany (2023) MANAJEMEN STRATEGI KEPALA MEDRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MTs YASMIDA AMBARAWA PRINGSEWU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen dalam sebuah organisasi menempati posisi strategis dalam keseluruhan proses pendidikan. Manajemen ini memberikan kebijakan arah dalam usaha proses penyelenggaraan pendidikan, sehingga manajemen lembaga pendidikan akan dapat dilaksanakan lebih efektif dan efisien. Untuk itu diperlukan sesosok pemimpin pendidikan atau kepala madrasah yang mampu meningkatkan profesionalisme guru. dengan rumusan masalah diantaranya: 1) bagaimana Bagaimana perumusan manajemen strategi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTs Yasmida Ambarawa, 2) Bagaimana pelaksanaan manajemen strategi kepala mdrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTs Yasmida Ambarawa, 3) Bagaimana evaluasi dan pengendalian manajemen strategi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTs Yasmida Ambarawa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dimana pengumpulan datanya peneliti dapatkan dari hasil wawancara dan dokumentasi. Data primer dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kurikukulum, dan guru MTs Yasmida Ambarawa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun uji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Hasil dari penelitian yang dilakukan peneliti maka penulis dapat simpulkan bahwa manajemen strttaegi yang ada dilembaga pendidikan MTs Yasmida Ambarawa telah terlaksana dengan baik.1) perumusan strtaegi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTs Yasmida Ambarawa telah dilakukan dengan baik. Hal ini ditujukkan dengan adanya perumusan visi, misi, tujuan yang dilakukan dengan rapat atau musyawarah dengan civitas madrasah dan mayarakat setempat. 2) pelaksanaan strategi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTs Yasmida Ambarawa telah dilakukan dengan baik. Dimana hal itu tercermin dari terlaksananya kegiatan workshop, pelatihan/diklat, seminar yang terlaksana dengan baik. 3) evaluasi kinerja guru kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTs Yasmida Ambarawadilakukan secara periodik baik dilakukan satu bulan sekali, tiga bulan sekali, maupun satu tahun sekali. Selain itu evaluasi dilakukan secara langsung dengan dalam melakukan perbaikan strategi atau menyatakan jika strategi yang diterapkan sudah tepat. Kata Kunci: Manajemen Strategi Kepala Madrasah, Profesionalism Guru v ABSTRACT Management in an organization occupies a strategic position in the overall educational process. This management provides a directional policy in the business of the education delivery process, so that the management of educational institutions will be implemented more effectively and efficiently. For this reason, an educational leader or head of a madrasa is needed who is able to improve the professionalism of teachers. with the formulation of problems including: 1) how to formulate the management strategy of the head of the madrasah in improving the professionalism of teachers in MTs Yasmida Ambarawa, 2) How to implement the management strategy of the head of mdrasah in improving the professionalism of teachers in MTs Yasmida Ambarawa, 3) How to evaluate and control the management of the madrasah head's strategy in improving the professionalism of teachers in MTs Yasmida Ambarawa. This research uses a descriptive qualitative approach, where the data collection is obtained from interviews and documentation. The primary data in this study were the head of the madrasa, waka kurikukulum, and the teacher of MTs Yasmida Ambarawa. Data analysis in this study used data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The data validity test uses source trianggulation. The results of the research conducted by the researcher, the writer can conclude that the strategic management in MTs Yasmida Ambarawa educational institutions has been carried out well. 1) the formulation of the strategy for the head of the madrasa in increasing teacher professionalism at MTs Yasmida Ambarawa has been carried out well. This is shown by the formulation of the vision, mission, goals which are carried out in the implementation of the madrasa head's strategy in increasing teacher this is reflected in the implementation of well-implemented workshops, training/training activities, seminars. 3) evaluation of the performance of the madrasa head teacher in increasing teacher professionalism at MTs Yasmida Ambarawa is carried out periodically, whether it is done once a month, once in three months, or once a year. In addition, the evaluation is carried out directly with the head of the madrasa orally or in writing. Furthermore, the results of the evaluation will be taken into consideration in making improvements to the strategy or stating if the strategy applied is appropriate. Keywords: Madrasa Principal Strategic Management, Teacher Professionalism

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Feb 2023 04:04
Last Modified: 16 Feb 2023 04:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23175

Actions (login required)

View Item View Item