PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM DI SMP ISLAM NURUL HIDAYAH KIBANG MULYA JAYA TUBABA

Siti, Nur Fauziah (2023) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM DI SMP ISLAM NURUL HIDAYAH KIBANG MULYA JAYA TUBABA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Peran kepala sekolah sebagai supervisor menjadi penentu kualitas dari seorang guru untuk menstimulasi, mengkoordinasi dan membimbing secara kontinu pertumbuhan dan perkembangan potensi yang mereka miliki disekolah baik secara individual mapun kelompok. Peran kepal sekolah sebagai supervisor juga sangan berpengaruh dalam pengembangan kurikulum, pengembangan kurikulum adalah proses yang memberikan kepastian bahwa proses belajar mengajar telah memiliki sumber daya manusia dan sarana dan prasana yang diperlukan sehingga dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitianl ini adalah Tenaga pendidik, Kepala Sekolah, dan Waka Kurikulum di SMP Islam Nurul Hidayah Kibang Mulya Jaya TUBABA. Pengumpulan data dilakukan dengan Menggunakan wawancara. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan Dan dari makna itulah ditarik kesimpulan dengan memaparkan secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dari pembahasan dapat disimpulkan bahwa diperoleh bahwa peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam pengembangan kurikulum di SMP Islam Nurul Hidayah Kibang Mulya Jaya TUBABA telah melaksanakan perannya dengan baik: 1) kepala sekolah sudah melakukan perannya sebagai koordinator ia dapat mengkoordinasi program belajar mengajar, tugas�tugas anggota staf berbagai kegiatan yang berbeda-beda diantar guru�guru. 2) kepala sekolah sudah melakukan perannya sebagai Konsultan, sebagai konsultan kepala sekolah dapat memberi bantuan, bersama mengkoordinasikan masalah yang dialami guru baik secara individual maupun secara kelompok. 3) Pemimpin kelompok, sebagai pemimpin kelompok ia dapat memimpin sejumlah staf guru dalam mengembangkan potensi kelompok, pada saat mengembangkan kurikulum, materi pelajaran dan kebutuhan profesional guru-guru secara bersama. 4) Evaluator, sebagai evaluator ia dapat membantu guru-guru dalam menilai hasil dan proses belajar, dapat menilai kurikukum yang sedang dikembangkan. Kata Kunci: kepala sekolah sebagai supervisor, pengembangan kurikulum iv ABSTRACT The role of the principal as a supervisor becomes a determinant of the quality of a teacher to stimulate, coordinate and guide the continuous growth and development of the potential they have in schools both individually and in groups. The role of the school principal as a supervisor is also very influential in curriculum development, curriculum development is a process that provides certainty that the teaching and learning process already has the human resources and the necessary facilities and infrastructure so that it can achieve the desired goals. This research is a qualitative research. The subjects of this study were educators, school principals, and deputy curricula at Islamic Middle School Nurul Hidayah Kibang Mulya Jaya TUBABA. Data collection is done by using interviews. Checking the validity of the data is done by triangulation of sources. Data analysis was carried out by giving meaning to the data that was collected. And from that meaning, conclusions were drawn by explaining descriptively. Based on the results of the research discussion, it can be concluded that the principal's role as a supervisor in curriculum development at SMP Islam Nurul Hidayah Kibang Mulya Jaya TUBABA has carried out its role well: 1) the principal has carried out his role as a coordinator he can coordinate teaching and learning programs, assignments -assignment of staff members to various activities that vary among teachers. 2) the principal has carried out his role as a consultant, as a consultant the principal can provide assistance, coordinating problems experienced by teachers both individually and as a group. 3) Group leader, as a group leader he can lead a number of teacher staff in developing the potential of the group, while developing curriculum, subject matter and professional needs of teachers together. 4) Evaluator, as an evaluator he can assist teachers in assessing learning outcomes and processes, can assess the curriculum that is being developed. Keywords: principal as supervisor, curriculum development

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Feb 2023 03:55
Last Modified: 16 Feb 2023 03:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23174

Actions (login required)

View Item View Item