MANAJEMEN KELAS DI MTs NEGERI 1 LAMPUNG SELATAN

DEPSI, LIA ROMADHAN (2023) MANAJEMEN KELAS DI MTs NEGERI 1 LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen kelas di sekolah sudah di rencanakan oleh kepala sekolah guna untuk membuat suatu perencanaan yang tepat dan dapat menjalankan program-program manajemen kelas di sekolah yang baik. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk mengetahui bagaimana cara mengelola kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaturan peserta didik dan pengaturan fasilitas di MTs N 1 Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini Kepala Madrasah, Waka Kesiswaan, Waka Sarana dan Prasarana serta Guru Kelas adalah sebagi subjek penelitian. Sumber data penelitian, yaitu sumber data primer dan skunder. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Analisis yang peneliti gunakan, yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Sedangkan peneliti menggunkan uji keabsahan data dilakukan dengan tringulasi sumber. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa manajemen kelas di MTs Negeri 1 Lampung Selatan sudah dilakukan, yaitu 1) pengaturan peserta didik, yang diawali dengan pengaturan tingkah laku peserta didik, pengaturan kedisiplinan, pengaturan minat/perhatian, pengaturan gairah belajar, serta pengaturan dinamika kelompok. Kemudian 2) pengaturan fasilitas yaitu diawali dengan pengaturan ventilasi, pengaturan pencahayaan, pengaturan kenyamanan, pengaturan letak duduk, serta penempatan peserta didik. Kata Kunci : Manajemen Kelas iv ABSTRACT Class management at school has been planned by the principal and a manager in order to make an appropriate plan and be able to carry out classroom management programs in schools well. Therefore, it is important for teachers to know how to manage a classroom. This study aims to determine student settings and facility arrangements at MTs Negeri 1 Lampung Selatan. This study uses a descriptive analysis method with a qualitative approach. In this study the principal, vice chairman of student affairs, vice chairman of facilities and infastructure and class teachers were the research subjects. Research data sources, namely primary and secondary data sources. Data collection was done by interview. The analysis that the researcher uses is data reducation, data presentation and data verification. While the researchers used the validity of the data to test the triangulation of the source. From the results of the study it was found that class management at MTs Negeri 1 Lampung Selatan had been carried out, namely 1) student settings, whice began with regulatinng student behavior, disciplinary arrangements, interest attention settings, learning passion settings, and group dynamic settings. Then 2) facility settings, starting with ventilation settings, lighting setting, comfort settings, seating arrangements, and student placement. Keywords: Class Management

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Feb 2023 03:44
Last Modified: 16 Feb 2023 03:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23173

Actions (login required)

View Item View Item