PENGARUH MODEL PEMBELAJARAAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL) BERORIENTASI PADA KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Sagita, Rini (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL) BERORIENTASI PADA KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full_Rini.pdf]
Preview
PDF
Download (71MB) | Preview

Abstract

Proses belajar mengajar di SMA N 2 Bandar Lampung masih berorientasi pada kegiatan pendidik, peserta didik hanya diberikan bahan ajar yang bersumber dari LKS (Lembar Kerja Siswa) sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visual Intellectual) Berorientasi pada Keterampilan Proses Sains dan peseta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Direct Intruction (DI) pada peserta didik kelas X SMA N 2 Bandar Lampung Peneliti menggunakan metode penelitian eksperimen karena akan mencari pengaruh treatment (perlakuan) tertentu. Jenis penelitian yaitu Quasi Eksperimen. Desain penelitian dengan Postest only control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas X SMA N 2 Bandar Lampung, dengan sampel yang berjumlah 67 peserta didik diambil dengan Teknik sampling yaitu dengan Random sampling. Sampel yang terdiri dari 2 kelas yakni kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran SAVI Berorientasi Keterampilan Proses Sains dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Direct Intruction (DI). Teknik pengumpulan data yaitu tes (Postest), Angket, Lembar Observasi dan Dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Uji-t Independent, pengujian prasyarat analisis dilakukan dengan metode uji Liliefors untuk normalitas dan uji Fisher untuk uji homogenitas. Berdasarkan analisis data yang dilakukan melalui pengujian hipotesis menggunakan Uji-t diperoleh bahwa Thitung > Ttabel maka sehingga Ho di tolak dan Hi di terima. Pada ranah kognitif Thitung sebesar 5, 817 dan Ttabel sebesar 1, 997. Pada ranah afektif Thitung sebesar 5, 959 dan Ttabel sebesar 1, 997 dan pada ranah psikomotorik Thitung sebesar 7, 967 dan Ttabel sebesar 1, 997 sehingga Ho di tolak dan Hi di terima, maka dapat disimpulkan bahwa Terdapat Pengaruh yang signifikasi antara model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelektual) Berorientasi pada Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar Peserta didik kelas X SMA N 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2017 03:03
Last Modified: 20 Nov 2017 03:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2317

Actions (login required)

View Item View Item