PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIMAYANG BERBANTUAN APLIKASI KAHOOT TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA

ANGGI, PRATIWI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIMAYANG BERBANTUAN APLIKASI KAHOOT TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI ANGGI PRATIWI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIMAYANG BERBANTUAN APLIKASI KAHOOT TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA Oleh Anggi Pratiwi 1811050125 Kemampuan pemahaman konsep merupakan bagian yang sangat penting dalam matematika. Berdasarkan pra penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP Gajah Mada Bandar Lampung masih rendah. Hal ini disebabkan model pembelajaran yang belum sesuai untuk mengembangkan potensi kemampuan pemahaman konsep siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SiMaYang berbantuan Aplikasi Kahoot dan minat belajar terhadap kemampuan pehaman konsep matematis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis quasy eksperimen design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Gajah Mada Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.A1 sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional dan kelas VII.A2 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajran SiMaYang Berbantuan Aplikasi Kahoot. Pada teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik acak kelas. Pada pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan angket minat belajar. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji anova dua jalan dengan sel tak sama. Uji prasyarat yaitu dengan uji normalitas menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan uji Bartlett. Dari hasil analisis diperoleh nilai P-value sehingga ditolak, nilai P-value sehingga diterima, nilai P-value sehingga diterima Berdasarkan kajian teori dan iii perhitungan analisis dapat ditarik kesimpulan bahwa: (1) Terdapat perbedaan model pembelajaran SiMaYang berbantuan dengan Aplikasi Kahoot terhadap pemahaman konsep. (2) Tidak terdapat perbedaan minat belajar siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran SiMaYang berbantuan Aplikasi Kahoot dan minat belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Kata Kunci: Model Pembelajaran SiMaYang Berbantuan Aplikasi Kahoot, Minat Belajar dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis iv ABSTRACT THE EFFECT OF SIMAYANG LEARNING MODEL ASSISTED WITH KAHOOT APPLICATIONS ON THE ABILITY OF UNDERSTANDING MATHEMATICS CONCEPTS IN VIEW FROM STUDENT LEARNING INTEREST The ability to understand concepts is a very important part of mathematics. Based on pre-research shows that the ability to understand mathematical concepts of SMP Gajah Mada students in Bandar Lampung is still low. This is due to the learning model that is not suitable for developing the potential of students' conceptual understanding abilities. The purpose of this study is to determine the effect of the SiMaYang learning model assisted by the Kahoot Application and learning interest on the ability to understand mathematical concepts. This research is a quantitative research type of quasy experimental design. The population in this study were all class VII SMP Gajah Mada Bandar Lampung. The sample in this study was class VII.A1 as the control class using the conventional learning model and class VII.A2 as the experimental class using the Kahoot Application Assisted SiMaYang learning model. In this study, the sampling technique used a class random technique. In collecting data using tests of ability to understand mathematical concepts and interest in learning questionnaires. Hypothesis testing in this study used a two-way ANOVA test with different cells. The prerequisite test is the normality test using the Liliefors test and the homogeneity test with the Bartlett test. From the analysis results obtained a P-value of 0.000 <0.05 so that H_0A was rejected, P-value = 0.525> 0.05 so that H_0Ab was accepted, P-value = 0.498> 0.05 so that H_0Ab was accepted Based on theoretical studies and analytical calculations it can be concluded that: (1) There are differences in the SiMaYang learning model assisted with the Kahoot Application towards understanding concepts. (2) There is no difference in students' v interest in understanding concept abilities (3) There is no interaction between the SiMaYang learning model assisted by the Kahoot Application and learning interest in understanding mathematical concept abilities. Keywords: SiMaYang Learning Model Assisted by the Kahoot Application, Interest in Learning and Ability to Understand Mathematical Concepts

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Feb 2023 04:09
Last Modified: 15 Feb 2023 04:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23165

Actions (login required)

View Item View Item