PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU TENAGA PENDIDIK DI MTS NEGERI 1 LAMPUNG SELATAN

YOLA, ARJUNITA PUTRI (2023) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU TENAGA PENDIDIK DI MTS NEGERI 1 LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI YOLA ARJUNITA PUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Tenaga Pendidik. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Dalam hal ini dengan memahami peran kepala madrasah dalam meningkatkan mutu tenaga pendidik, bagaimana peran yang dijalankan untuk meningkatkan mutu tenaga pendidik. Penelitian ini menggunakan tekhnik pengumpulan data wawancara dan pengamatan. Data primer diperoleh langsung dari responden mengenai peran kepala madrasah dalam meningkatkan mutu tenaga pendidik, sedangkan data sekunder berupa teori-teori dan norma hukum serta penunjang lainnya diperoleh dari kepustakaan, dokumentasi. Semua data tersebut merupakan bahan-bahan untuk mendeskripsikan bagaimana peran kepala madrasah dalam meningkatkan mutu tenaga pendidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan profesionalisme tenaga pendidik merupakan salah satu cara untuk meningkatkan mutu pendidikan, sebab mutu suatu pendidikan salah satunya ditentukan oleh mutu sumber daya tenaga pendidik. Indikator dalam hal peran seorang kepala madrasah meningkatkan mutu tenaga pendidik yakni menginspirasi tenaga pendidik untuk melakukan inovasi, memotivasi tenaga pendidik dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab, membentuk perilaku tenaga pendidik, memberikan pelatihan dan pembimbingan, melakukan supervisi program pembelajaran. Kata Kunci: Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Tenaga Pendidik iii ABSTRACT This study aims to describe the Role of Madrasah Heads in Improving the Quality of Educators. This research is a qualitative research using interview and documentation methods. In this case, by understanding the role of the head of the madrasah in improving the quality of educators, how the role is carried out to improve the quality of educators. This study used interview and observational data collection techniques. Primary data is obtained directly from respondents regarding the role of madrasah heads in improving the quality of educators, while secondary data in the form of legal theories and norms and other supports are obtained from literature, documentation. All of these data are materials to describe the role of madrasah heads in improving the quality of educators. The results showed that the development of professionalism of educators is one way to improve the quality of education, because the quality of an education, one of which is determined by the quality of educators' resources. Indicators in terms of the role of a madrasah head to improve the quality of educators are inspiring educators to innovate, motivating educators in carrying out their duties and responsibilities, shaping the behavior of educators, providing training and guidance, supervising learning programs. Keywords: The Role of Madrasah Heads in Improving the Quality of Educators

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Feb 2023 03:51
Last Modified: 15 Feb 2023 03:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23162

Actions (login required)

View Item View Item