PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MASTER (MOTIVATING, ACQUIRE, SEARCH OUT, TRIGGER, EXHIBIT, REFLECT) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF REGULATION

INDIRA, WIDYA NINGRUM (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MASTER (MOTIVATING, ACQUIRE, SEARCH OUT, TRIGGER, EXHIBIT, REFLECT) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF REGULATION. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi INDIRA WIDYA NINGRUM.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MASTER TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DITINJAU DARI SELF REGULATION Oleh Indira Widya Ningrum 1711050054 Kemampuan representasi matematis merupakan merupakan bentuk interprestasi pemikiran peserta didik terhadap suatu permasalahan atau persoalan matematis dengan acara mengkomunikasikan gagasan/ide yang digunakan sebagai alat bantu untuk menemukan solusi dari masalah tersebut. Bentuk interprestasi peserta didik dapat berupa kata�kata atau verbal, tulisan, gambar, grafik, simbol matematika dan lain�lain Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Teknik Cluster Random Sampling yang kemudian diperoleh kelas VIII C sebagai kelas eksperimen yang akan diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran MASTER dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol yang akan diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran ekspositori. Intrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes kemampuan representasi matematis dan lembar angket self regulation peserta didik. Analisis data penelitian ini adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua variabel dengan sel tak sma menggunakan taraf signifikansi 5% diperoleh hasil sebagai berikut: sig = 0.00 < α = 0,05 sehingga H0A ditolak, sig = 0.00 < α = 0,05 sehingga H0B ditolak, dan sig 0,89 < 0,05 α = 0,05 sehingga H0AB diterima. Berdasarkan hasil penelitian iv tersebut maka dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat pengaruh antara peserta didik yang memperoleh pelajaran menggunakan model pembelajaran MASTER dan peserta didik yang memperoleh pelajaran menggunakan model pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan representasi matematis. (2) Terdapat pengaruh antara peserta didik dengan self regulation tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan representasi matematis. (3) Tidak terdapat pengaruh antara model pembelajaran MASTER dan self regulation terhadap kemampuan representasi matematis. Kata Kunci : Model Pembelajaran MASTER, Kemampuan Representasi Matematis, Self Regulatin Peserta Didik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Feb 2023 07:28
Last Modified: 14 Feb 2023 07:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23152

Actions (login required)

View Item View Item