TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP SISTEM RETUR DALAM JUAL BELI BAGI PEDAGANG KELILING (Studi Di Pasar Simpang Sribhawono, Kecamatan Sribhawono, Kabupaten Lampung Timur)

ELIS, WAHYUNI (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP SISTEM RETUR DALAM JUAL BELI BAGI PEDAGANG KELILING (Studi Di Pasar Simpang Sribhawono, Kecamatan Sribhawono, Kabupaten Lampung Timur). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of skripsi ELIS WAHYUNI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan sistem jual beli telah berkembang seiring berkembangnya zaman karena semakin banyaknya kebutuhan. Dalam praktiknya masyarakat masih belum mengerti arti dari jual beli itu sendiri yakni saling memenuhi kebutuhan secara adil. Hal tersebut terjadi di Pasar Simpang Sribhawono, Kecamatan Bandar Sribhawono, Kabupaten Lampung Timur antara pihak penjual dan pembeli yang telah menggunakan sistem retur dan pelaksanaan sistem retur tidak dijalankan sesuai dengan yang diinginkan, pada akhirnya terjadi ketidakadilan bagi salah satu pihak. Dalam muamalah terdapat hak khiyar yang ditujukan kepada pembeli apabila mengalami beberapa masalah dalam transaksi jual beli. Misalnya dalam pembelian barang terdapat beberapa barang (pakaian) yang cacat, khususnya cacat berat. Hak ini bertujuan untuk menjamin kepada pembeli untuk mendapatkan penggantian barang dengan kepuasan kualitas atas barang yang dibeli. Permasalahan dalam skripsi ini yaitu bagaimana sistem retur yang dijalankan antara pemilik toko dengan pedagang keliling dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap sistem retur antara pemilik toko dengan pedagang keliling. Adapun tujuan dari skripsi ini yaitu untuk mengetahui sistem retur barang yang dijalankan pihak toko dengan pedagang keliling di Pasar Simpang Sribhawono, Lampung Timur dan untuk mengkaji tinjauan hukum Islam terhadap sistem retur barang antara pemilik toko dengan pedagang keliling di Pasar Simpang Sribhawono, Lampung Timur. Penelitian dalam skripsi ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research). Penelitin ini mengumpulkan data dari lapangan dengan melihat hal-hal yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Analisis dilakukan secara kualitatif dengan metode berfikir induktif yang berasal dari fakta-fakta atau peristiwa yang khusus ditarik generalisasi secara umum. Secara umum realita dalam sistem retur dalam jual beli grosir di Pasar Simpang Sribhawono disebabkan karena adanya barang cacat yang ditemui oleh pedagang keliling). Bila dilihat dalam muamalah, dalam jual beli grosir di Pasar Simpang Sribhawono dilakukan sesuai dengan akad yang telah disepakati suka sama suka. Namun, dalam kegiatan jual beli tidak hanya atas dasar suka sama suka melainkan apakah kegiatan tersebut bisa saling bermanfaat dan menguntungkan bagi satu pihak lain atau merugikan salah satu pihak, dalam hal ini pihak toko dan pedagang keliling tidak boleh mementingkan keuntungan bagi dirinya sendiri, hendaklah para pihak dapat melaksanakan sitem retur sesuai dengan apa yang disepakati agar retur tersebut dapat menjalin bisnis yang baik, Kata Kunci : Retur, Jual Beli, Khiyar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Feb 2023 07:13
Last Modified: 14 Feb 2023 07:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23151

Actions (login required)

View Item View Item