PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, AND SATISFACTION (ARCS) DENGAN STRATEGI QUICK ON THE DRAW TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

WALIDATUL, NAFI’AH (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, AND SATISFACTION (ARCS) DENGAN STRATEGI QUICK ON THE DRAW TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Berpikir kreatif penting untuk dikembangkan agar peserta didik terlatih dalam menggunakan pola pikirnya menyelesaikan masalah dikehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction (ARCS) dipadukan dengan strategi Quick On The Draw terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction (ARCS) yang dipadukan dengan strategi Quick On The Draw sebagai X1, Gaya Belajar sebagai X2, dan kemampuan berpikir kreatif matematis sebagai variabel terikat (Y). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas VIII MTs Muhammadiyah Sukarame dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket gaya belajar dan tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan Two-Way Anava dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan analisis uji Two-Way Anava diperoleh hasil bahwa: 1). ) p-value=0,000 <α=0,05 sehingga H_0A ditolak, dengan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction (ARCS) dengan strategi Quick On The Draw terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. 2). p-value=0,005 <α=0,05 sehingga H_0B ditolak, dengan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh gaya belajar yang dimiliki peserta didik terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. 3). p-value=0,178 >α=0,05 sehingga H_0AB diterima, dengan kesimpulan bahwa tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan gaya belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. Kata kunci : Kemampuan Berpikir kreatif Matematis, Gaya Belajar, Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction (ARCS) dengan strategi Quick On The Draw

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Feb 2023 07:14
Last Modified: 14 Feb 2023 07:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23150

Actions (login required)

View Item View Item