ANALISIS HUKUM ISLAM TENTANG PENGELOLAAN DANA ZAKAT DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Studi di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Tanggamus)

HERNI, INDAH TIARA (2023) ANALISIS HUKUM ISLAM TENTANG PENGELOLAAN DANA ZAKAT DALAM UPAYA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Studi di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Tanggamus). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi HERNI INDAH TIARA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah kemiskinan yang terjadi di Negara Indonesia khususnya masyarakat Kabupaten Tanggamus, kemiskinan terjadi akibat tidak meratanya pendapatan dan kurangnya keefektifan dalam bidang manajemen dan pengelolaan dana. Hambatan yang dialami badan amil zakat nasional (BAZNAS) Kabupaten Tanggamus kurangnya sumber daya manusia (SDM), dan kurangnya muzakki yang menyalurkan zakatnya di BAZNAS. Dalam hal ini diketahui bahwa pengelolaan dana zakat di BAZNAS Kabupaten Tanggamus belum dikelola secara efektif. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah pertama apa upaya yang dilakukan BAZNAS Kabupaten Tanggamus dalam pengelolaan dana zakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan kedua bagaimana tinjauan hukum Islam tentang upaya yang dilakukan BAZNAS Kabupaten Tanggamus Dalam pengelolaan dana zakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk mendapat sumber data yang valid, maka sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu, sumber data primer dan sumber data sekunder. Setelah data terkumpul maka dilakukan analisis data, menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan metode berfikir deduktif. Berdasarkan hasil penelitian upaya yang dilakukan BAZNAS Kabupaten Tanggamus yaitu menciptakan peluang usaha bagi para mustahik, cara yang dilakukan BAZNAS Kabupaten Tanggamus dalam menciptakan peluang usaha yaitu pihak BAZNAS Kabupaten Tanggamus memberikan bantuan modal usaha berupa uang tunai, gerobak dan lain sebagainya. Dana yang di dapat BAZNAS Untuk pengelolaan dana zakat diperoleh dari muzaki dan para ASN yang menyalurkan zakatnya ke BAZNAS Kabupaten Tanggamus. Didistribusikan melalui 5 (lima) program yaitu program ekonomi, pendidikan, kesehatan, sosial/kemanusiaan, dan program keagamaan. Menurut tinjauan Hukum Islam pengelolaan zakat produktif memang tidak disebutkan secara tegas mengenai zakat dalam bentuk produktif dan tidak ada dalil naqli maupun syariah yang menjelaskan hal ini tetapi ada celah dimana para ulama memperbolehkan zakat berbentuk produktif dengan arahan untuk meningkatkan kehidupan ekonomi mustahik. Tentang pengkiasan bahwa zakat tersebut diberikan kepada fakir miskin, didalam surat At-Taubah ayat 60 bahwa zakat itu merupakan haknya fakir miskin dan apa yang dilakukan oleh BAZNAS Kabupaten Tanggamus sesuai dengan apa yang ada dalam surat At-Taubah ayat 60 tersebut dengan cara memberikan modal usaha.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Feb 2023 06:57
Last Modified: 14 Feb 2023 06:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23148

Actions (login required)

View Item View Item