Maya, Sari (2023) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI DI TK HIP HOP SUKARAME. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi ditemukannya beberapa masalah yang berkaitan dengan kemampuan berbahasa anak yaitu terdapat beberapa orang anak yang memiliki kendala dalam perkembangan bahasa khususnya dalam aspek keaksaraan, di antara nya dalam seperti belum bisa menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal, belum mengenal suara huruf awal dari nama benda-benda yang ada disekitarnya, belum bisa menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi/huruf awal yang sama dan belum memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf dengan baik, belum bisa membaca nama sendiri dan menulis nama sendiri dengan tepat. Pendidik juga mengatakan bahwa ada beberapa orang tua dari anak tersebut kurang menstimulasi perkembangan bahasa anak khususnya pada aspek keaksaraan karena kesibukan dan lain hal, oleh karena itu peneliti melihat bahwa hal tersebut bahwa guru berusahan membantu anak dalam mencapai standar tahapan pencapaian perkembangan bahasa sesuai dengan usia anak pada aspek keaksaraan. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui lebih dalam mengenai penerapan media pembelajaran flashcard untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini di TK Hip Hop Sukarame Bandar Lampung. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) yang memiliki peranan yang sangat penting dan strategis untuk meningkatkan mutu pembelajaran apabila diimplementasikan dengan baik dan benar Fokus dalam penelitian ini adalah menggunakan media flashcard untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini. Subjek penelitian adalah guru kelas di Taman Kanak-kanak Hip Hop Sukarame Bandar Lampung yang berjumlah 1 orang guru dan siswa kelas B1 Taman Kanak-kanak Hip Hop Sukarame Bandar Lampung yang berjumlah 21 siswa. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase Hasil Penerapan media flashcard Pada siklus I dari peserta didik 21 anak yang menunjukkkan Berkembang Sangat Baik (BSB) yaitu ada 10 anak yaitu 47,62%, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) ada 2 anak yaitu 9,52%, Mulai Berkembang (MB) ada 3 anak yaitu 14,29 %, dan Belum Berkembang (BB) ada 6 anak yaitu 28,58%. Sedangkan pada Siklus II mengalami peningkatan yang sangat baik, dari 21 peserta didik yang mendapatkan Berkembang Sangat Baik (BSB) ada 18 anak yaitu 85,7%, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) ada 1 anak yaitu 4,71 %, Mulai Berkembang (MB) ada 2 anak yaitu 9,52%, dan Belum berkembang (BB) yaitu tidak ada. Hasil analisis data kualitatif membutkitkan bahwa melalui media flashcard dapat meningkatkan perkembangan bahasa anak. Melalui media flashcard, dapat membangun pemahaman anak mengenai tema yang dipelajari. Kata Kunci: Media Pembelajaran Flashcard, Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini iv ABSTRACT This research is motivated by the discovery of several problems related to children's language skills, namely, there are several children who have obstacles in language development, including not understanding the command language simultaneously, being slow in expressing their hearts with sentences, difficulties in developing vocabulary in sentences. In addition, children prefer to be silent because they are ashamed and afraid that what is said will be laughed at and do not know the concept of letters and cannot express opinions by themselves. Educators also said that there were some parents of these children who did not stimulate their children's language development because they were busy and other things, therefore the researcher saw that the teacher was trying to help children in achieving the standard stages of language development achievement according to the child's age. The purpose of this study was to find out more about the application of flashcard learning media to improve early childhood language development in Sukarame Hip Hop Kindergarten, Bandar Lampung. The research method used in this research is Classroom Action Research (CAR) which has a very important and strategic role to improve the quality of learning if it is implemented properly and correctly. early childhood language. The subjects of the study were the class teacher at Sukarame Hip Hop Kindergarten, Bandar Lampung, amounting to 1 teacher and class B1 students at Sukarame Hip Hop Kindergarten Bandar Lampung, totaling 21 students. The data analysis method used in this research is quantitative descriptive data analysis with percentage The results of the application of flashcard media In the first cycle of 21 students who showed very good development (BSB), there were 10 children, namely 47.62%, developing according to expectations (BSH) there were 2 children, namely 9.52%, starting to develop (MB) there are 3 children, namely 14.29%, and Undeveloped (BB) there are 6 children, namely 28.58%. While in Cycle II there was a very good increase, from 21 students who got Very Good Development (BSB) there were 18 children, namely 85.7%, Developing According to Expectations (BSH) there was 1 child, namely 4.71%, Starting to Develop (MB) ) there are 2 children, namely 9.52%, and Undeveloped (BB) which is none. The results of qualitative data analysis prove that flashcard media can improve children's language development. Through flashcard media, it can build children's understanding of the theme being studied. Keywords: Flashcard Learning Media, Early Childhood Language Development
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 14 Feb 2023 06:57 |
Last Modified: | 15 Feb 2023 03:14 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23147 |
Actions (login required)
View Item |