PENGGUNAAN MEDIA PASIR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PEMULA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA ALHUDA WARGOMULYO PRINGSEWU

Revi, Widya Ningrum (2023) PENGGUNAAN MEDIA PASIR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PEMULA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA ALHUDA WARGOMULYO PRINGSEWU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI REVI WIDYA NINGRUM.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pondasi utama anak untuk bisa menulis dapat di tunjukan dari prilaku anak ketika mencoret-coret didinding atau buku. Oleh karena itu anak membutuhkan rangsangan yang baik dan anak perlu diberikan stimulus sedini mungkin agar fungsi sel otak berfungsi secara optimal untuk kemampuan menulis permulaan. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pasir yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan anak. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dilaksanakan di RA AL-HUDA Wargomulyo Pringsewu. Subjek penelitian ini yaitu Guru kelas dan peserta didik di kelas A sebanyak 16 anak sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penggunaan media pasir dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan anak usia 4-5 tahun di RA AL-HUDA Wargomulyo. Sumber data penelitian diperoleh dari tekhnik wawancara,observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan tekhnik keabsahan data menggunakan tekhnik triangulasi Berdasarkan hasil penelitian upaya yang dilakukan oleh guru dalam penggunaan media pasir sudah sesuai dengan indikator yang ada. Indikator tersebut terdiri dari, guru menyiapkan alat dan bahan, guru memperbolehkan anak mengenali tekstur, guru memberi contoh cara bereksperimen (membuat), guru memberikan dukungan kepada siswa. Terlihat dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ternyata belum optimal dalam penggunaan media pasir, kurangnya kreatifitas guru yang tidak memberi kartu huruf. Sehingga penggunaan media pasir menjadi tidak maksimal untuk melatih kemampuan menulis permulaan anak dan media pasir yang digunakan hanya 2, membuat kelas tidak kondusif. Guru sebagai pembimbing masih perlu memberikan perhatian atau arahan pada siswa yang merasa masih kesulitan karena kurangnya rangsangan dari guru. Guru kurang memberikan dorongan dan motivasi kepada anak dalam belajar, sehingga anak akan merasa kurang semangat dan kurang berminat mengikuti proses pembelajaran. Kata Kunci: menulis permulaan,media pasir,anak usia dini iii ABSTRACT The main foundation of children to be able to write can be shown from the behavior of children when doodling on walls or books. Therefore, for the function of brain cells to function optimally, stimulation is needed so that they can develop properly, so children need to be given stimulus as early as possible. This study uses a qualitative research conducted at RA AL�HUDA Wargomulyo Pringsewu. The subject of this research is the class teacher and students in class A as many as 16 children while the object in this study is the use of sand media in improving the early writing skills of children aged 4-5 years at RA AL-HUDA Wargomulyo. Sources of research data obtained from interview, observation and documentation techniques. Data analysis was carried out by means of data reduction, data presentation and drawing conclusions. While the data validity technique uses the triangulation method. Based on the results of the research, the efforts made by the teacher in the use of sand media are in accordance with the existing indicators. The indicators consist of, the teacher prepares tools and materials, the teacher allows children to recognize textures, the teacher gives examples of how to experiment (make), the teacher provides support to students. Class A students at RA AL-HUDA Wargomulyo interview, observation and documentation showed that the results of the study showed that it was not optimal in the use of sand media, the lack of creativity of teachers who did not give letter cards so that the use of sand media was not optimal to train children's early writing skills and The sand media used is very limited, making the class not conducive, the teacher as a supervisor still needs to give attention or direction to students who feel they are still having trouble. Teachers do not provide encouragement and motivation to children in learning, so children will feel less enthusiastic and less interested in participating in the learning process. Keywords: early writing, sand media, early childhood

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Feb 2023 04:29
Last Modified: 14 Feb 2023 04:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23140

Actions (login required)

View Item View Item