PENGARUH METODE STUKTUR ANALITIK SINTETIK (SAS) BERBASIS MEDIA PPT TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN KELAS I MI Al-HIKMAH BANDAR LAMPUNG

AMALIA, ZAHRA (2023) PENGARUH METODE STUKTUR ANALITIK SINTETIK (SAS) BERBASIS MEDIA PPT TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN KELAS I MI Al-HIKMAH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi AMALIA ZAHRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan peserta didik yang masih rendah dalam membaca permulaan sehingga kurang tertariknya peserta didik untuk mengikuti pembelajaran membaca permulaan. Penelitian ini dilakukan di MI Al-Hikmah Bandar Lampung dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) berbasis media PPT terhadap kemampuan membaca permulaan kelas I MI Al-Hikmah Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah Posttest�Only Control Design dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dalam bentuk tes membaca permulaan, teknik sampling yang digunakan adalah teknik cluster sampling. Hasil penelitian uji hipotesis tes yang dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol maka didapat nilai Sig.(2- tailed) sebesar 0,000 nilai yang diperoleh ini lebih kecil dari 0,05 (5%) yang dimana itu mengartikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Metode StrukturAnalitik Sintetik (SAS) berbasis media PPT berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan pada kelompok kelas eksperimen. Kata Kunci : Metode SAS, Membaca Permulaan ii ABSTRACT This research is motivatedby the low ability of students in beginning reading so that students are less interested in participating in beginning reading lessons. This research was condudted at MI Al-Hikmah Bandar Lampung with the aim of knowing whether there was anyeffect of the PPT media-based Synthetic Analytical Structure (SAS) method on the reading ability of the beginningof class I MI Al-Hikmah Bandar Lampung. This study used two classes as an esperimental class control. This type pf research is posttest-Only Control Design with a quantitative approach. The data collection technique used in this study is in the form of an initial reading test,the sampling technique used is the cluster sampling technique. A sig (2-tailed)value of 0.000, the value ontained s smaller than 0.05(5%) wich means that Ho is rejected and Ha is accepted. The Synthetic Analytical Structure Method (SAS) based on PPT media has an effect on early reading ability in the group experimental class. Keywords: Synthetic Analytical Structure,Ability Reading

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Feb 2023 04:15
Last Modified: 14 Feb 2023 04:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23139

Actions (login required)

View Item View Item