TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI BARANG DENGAN SISTEM PESANAN (Studi di Toko Tiga Berlian Desa Medasari Kec. Rawa Jitu Selatan Kab. Tulang Bawang)

DIAJENG, KURATA A’YUN (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI BARANG DENGAN SISTEM PESANAN (Studi di Toko Tiga Berlian Desa Medasari Kec. Rawa Jitu Selatan Kab. Tulang Bawang). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of DIAJENG FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Praktik Jual beli merupakan suatu pertukaran barang atas dasar saling rela atau memindahkan milik dengan ganti yang dapat dibenarkan (berupa alat tukar yang sah). Seiring perkembangan zaman, mekanisme jual beli bisa diterapkan dalam bentuk pesanan atau bisa disebut dengan inden. Praktik jual beli yang diterapkan oleh Toko Tiga Berlian adalah jual beli Barang berupa Etalase dengan sistem Pesanan. Dalam jual beli barang berupa etalase di toko tersebut terdapat penundaan pembayaran oleh pembelinya. Rumusan masasalah dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik akad jual beli barang di Toko Tiga Berlian desa Medasari Kec. Rawajitu Selatan Kab. Tulang Bawang. Dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktik akad jual beli pesanan. Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mengkaji dan menganalisis praktik praktik Akad jual beli barang dengan sistem pesanan di Toko Tiga Berlian Desa Medasari Kec. Rawa Jitu Selatan Kab. Tulang Bawang. Dan Untuk mengetahui Tinjauan Hukum Islam terhadap Praktik Akad Jual Beli Barang melalui Pesanan di Toko Tiga Berlian Desa Medasari Kec. Rawa Jitu Selatan Kab. Tulang Bawang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan untuk mengumpulkan data atau informaasi sesuai dengan keadaan asli pada keadaan lapangan Penelitian ini bersifat deskriptif analisi. Metode pengumpulan data ialah dokumentasi, wawancara, observafi, dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian Pelaksanaan akad jual beli dengan sistem pesanan, dalam pembuatan barang yaitu Etalase, adanya faktor terjadinya penundaan pembayaran di Toko Tiga Berlian Desa Medasari Kec. Rawajitu Selatan Kab. Tulang Bawang diamana pembeli/pemesan menunda pembayaran dan merugikan salah satu pihak dan tidak sesuai dengan akad perjanjian di awal. Dan Pelaksanaan akad jual beli pesanan menurut tinjauan hukum Islam pada Toko Tiga Berlian tidak sah karena ada kecacatan akad yaitu terjadinya penundaan pembayaran dan melanggar kesepakatan diawal perjanjian, sehingga pembeli merugikan penjual, dalam jual beli dengan kecacatan akad ini tidak sah dan tidak sesuai dengan prinsip yang ada pada muamalah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Feb 2023 06:56
Last Modified: 13 Feb 2023 06:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23129

Actions (login required)

View Item View Item