EFEKTIVITAS PROGRAM SISTEM INFORMASI MANAJEMEN NIKAH PADA PANDEMI COVID-19 (Studi Pada KUA Kecamatan Terbanggi Besar Kabubaten Lampung Tengah)

Ahmad, Zuhdi Mujahid (2023) EFEKTIVITAS PROGRAM SISTEM INFORMASI MANAJEMEN NIKAH PADA PANDEMI COVID-19 (Studi Pada KUA Kecamatan Terbanggi Besar Kabubaten Lampung Tengah). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI AHMAD ZUHDI MUJAHID.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK SIMKAH adalah singkatan dari “Sistem Informasi Manajemen Nikah” sebuah program Aplikasi Kamputer berbasis Windows. SIMKAH berguna untuk mengumpulakan data-data nikah dari seluruh Kantor Urusan Agama (KUA) di Wilayah Republik Indonesia dan dapat diakses secara online. Manusia merupakan makhluk yang paling sempurna diantara makhluk ciptaan Allah.SWT,diantara kesempurnaan itu dijadikannya manusia berpasangan-pasangan. Hal ini membuktikan bahwa manusia pada hakikatnya adalah makhluk sosial (zompolitiom) yang hidup dalam ketergantungan dengan orang lain dalam hal ini adalah dengan pasangannya. Dalam penelitian ini peneliti meneliti dua masalah yang ada di KUA Terbanggi Besar yaitu bagaimana efektivitas program sistem informasi manajemen nikah KUA Terbanggi Besar Kabubaten Lampung Tengah? Dan Bagaimana dampak Pandemi Covid-19 pada Efektivitasn Program Sistem Informasi Manajemen Nikah?.Metode menggunakan jenis penelitihan lapangan (Field research) yaitu penelitihan yang dimlakukan secara sistematic dan metodis untuk data-data yang diperlukan dalam penelitihan yang bersuber dari lokasi atau lapangan yang menggunakan penelitihan kualitatif. Berdasar Program Sistem Informasi Manajemen Nikah atau SIMKAH masih kurang Efektif penggunaannya kerana masih banyak kesalahan dari pihak KUA maunpun pihak Masyarakat. SIMKAH bedampak dalam banyak hal yang menyebabkan akibanya tergangguanya sesuatu produk yang dari mana kesalahan itu menyebabkan produk itu tidak jalan sesuai dengan keinginan penguna mulai dari kesalahan sendiri maupun orang lain yang di mana kekurangan irtu masih ada yang menimbulkan dari pihak selain dari diri sendiri maupun orang lain Penggunaan SIMKAH dilakukan KUA yang masih belum terbiasa dengan pemakaian internet disediakan sebuah sistem yang efektif dalam mentransfer data secara manual ke kantor kemenag kabupaten/kota. Dengan adanya program tersebut setiap kanwil Kementrian Agama Republik Indonesia dapat penyeragamkan data dalam proses administrasi dan lebih terkini atau update, sehigga proses analisa dapat dilakukan secara cepat, akurat dan efisien. Dalam dampak yang ditimbulkan karena COVID-19 terhadap SIMKAH yang sangat terpengaruh dari penurunan yang mau mendaftar nikah, menurunnya minat masyarakat untuk menikah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Feb 2023 06:49
Last Modified: 13 Feb 2023 06:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23127

Actions (login required)

View Item View Item