TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENGULANGAN AKAD NIKAH DALAM ADAT JAWA (Studi di Desa Purwotani Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan)

Nia, Damayanti (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENGULANGAN AKAD NIKAH DALAM ADAT JAWA (Studi di Desa Purwotani Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pengulangan akad nikah adalah pembaharuan akad nikah terhadap pernikahan yang sudah sah menurut syara kemudian dengan maksud berhati-hati sehingga dilakukan akad nikah lagi. Pelaksanaan pernikahan ulang ini hampir sama dengan akad nikah yang pertama. Meskipun tidak ada ketentuan yang pasti namun praktik pernikahan ulang dijadikan solusi dalam rangka memperbaiki pernikahan. Salah satu masyarakat yang melakukan pengulangan akad nikah yaitu masyarakat Desa Purwotani Kecamatan Jati. Ada beberapa faktor yang menyebabkan masyarakat tersebut melakukan pengulangan akad nikah, seperti Pernikahan yang tidak direstui,faktor hamil di luar nikah, dan faktor adat. Berdasarkan uraian diatas, terdapat permasalahan dalam skripsi ini adalah Bagaimana praktik pengulangan akad nikah dalam adat jawa di Desa Purwotani Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan dan Bagaimana Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pengulangan Akad nikah dalam adat Jawa di Desa Purwotani Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana praktik pengulangan akad nikah dalam adat jawa di Desa Purwotani Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung selatan. Dan Bagaimana Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pengulangan Akad nikah dalam adat jawa di Desa Purwotani Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field Research), yang bersifat deskriptif analisis. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dengan pendekatan berfikir induktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tradisi Pengulangan Akad nikah di Desa Purwotani Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung selatan merupakan adat kebiasan yang sering dilakukan oleh masyarakat sebagai sarana untuk memperkuat bahwa pengulangan akad nikah tersebut bertujuan untuk memperbaharui akad bukan untuk membuat akad baru. Akibat hukumnya akad pernikahan yang pertama tidak rusak karena tajdid akad hanya memperbaharui akad bukan memfasakh akad yang pertama. Tradisi pengulangan akad nikah tersebut dilakukan dalam bentuk kehati-hatian. Tradisi tersebut dapat dikategorikan urf yang sahih karena tidak bertentangan dengan hukum Islam,sehingga Islam tidak melarang adanya pengulangan akad nikah tersebut. Kata Kunci: Pengulangan, Akad nikah, Adat Jawa, Hukum Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Feb 2023 04:18
Last Modified: 13 Feb 2023 04:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23124

Actions (login required)

View Item View Item