PENGEMBANGAN MEDIA MAGIC BOX MENGGUNKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) KELAS VDI SD/MI

EMA, OKTAVIANA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA MAGIC BOX MENGGUNKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) KELAS VDI SD/MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan masalah yaitu, gambar pada buku paket masih kurang lengkap dan menarik sehingga peserta didik merasa bosan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Siswa jarang mendapatkan media berbentuk nyata yang dapat mempermudah dalam memahami isi materi khususnya pada pembelajaran yang menyangkut kehidupan nayata seperti materi ekosistem. Mengembangkan media magic box yang lebih menarik dan efisien untuk siswa dan guru. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media magic box terhadap pembelajaran IPA materi ekosistem siswa kelas V. Untuk mengetahui kelayakan pengembangan media magic box menggunakan pendekatan kontekstual pada mata pelajaran IPA materi ekosistem di kelas V. Untuk mengetahui respons guru dan siswa terhadap media magic box menggunakan pendekatan kontekstual pada mata pelajaran IPA materi ekosistem di kelas V. Penelitian yang dilakukan oleh penulis ialah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE dengan beberapa tahap yaitu tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), dan tahap evaluasi (evaluation). Validasi kelayakan dilakukan dengan dua ahli media dan dua ahli materi. Uji lapangan terdiri dari uji coba skala besar dan uji coba sekala kecil. Hasil dari penelitian dan pengembangan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa media magic box terhadap pembelajaran IPA materi ekosistem siswa kelas V di SD/MI memperoleh nilai rata-rata ahli media 74,5% di katagorikan layak, rata-rata penilaian ahli materi 78,9%, sedangkan penilaian yang diberikan peserta didik tahap uji skala besar 76% dan uji coba skala kecil 68,1% yang dikatagorikan layak. Hal ini menunjukan magic box terhadap pembelajaran IPA materi ekosistem siswa kelas V layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Materi Ekosistem, Media Magic Box, Metode Simulasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Feb 2023 04:02
Last Modified: 13 Feb 2023 04:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23122

Actions (login required)

View Item View Item