PENGARUH BRAND IMAGE DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JASA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pengguna Jasa J&T dan JNE di Kec. Sukabumi Bandar Lampung)

Reza, Rahmad Adha (2023) PENGARUH BRAND IMAGE DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JASA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pengguna Jasa J&T dan JNE di Kec. Sukabumi Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI REZA RAHMAD ADHA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam Persaingan bisnis jasa pengiriman barang yang semakin ketat mengharuskan setiap perusahaan untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin jika masih ingin mempertahankan eksistensinya dalam persaingan antar perusahaan sejenis lainnya untuk menarik keputusan pembeli agar mampu berhasil dalam menjalankan usaha. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Brand Image dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian jasa dalam Perspektif Ekonomi Islam pada J&T & JNE Kec. Sukabumi Bandar Lampung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan koesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah 100 pengguna jasa J&T Express 50 dan JNE Express 50 di Kec. Sukabumi Bandar lampung. Teknik pengambilan sampel yaitu Sampling Incidental dengan menggunakan perhitungan pengambilan sampel menurut Aikunto, didapat sampel sebanyak masing-masing 50 responden. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Brand Image (citra merek) tidak berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian jasa (Studi pada pengguna jasa J&T dan JNE di Kec. Sukabumi Bandar Lampung). Kualitas Layanan berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian jasa (Studi pada pengguna jasa J&T dan JNE di Kec. Sukabumi Bandar Lampung). Perusahaan J&T Express dan JNE Epress telah sesuai dengan Perspektif Ekonomi Islam dilihat dari Kualitas Layanannya sudah menerapkan sifat-sifat yang dimiliki Nabi SAW (Shiddiq,Tabliq,Amanah,Fathonah). Kata Kunci: Brand Image, Keputusan Pembelian, Kualitas Layanan, Ekonomi Islam. ABSTRACT In the increasingly fierce competition in the freight forwarding services business, it requires every company to prepare as well as possible if it still wants to maintain its existence in competition between other similar companies to attract buyers' decisions so that they are able to succeed in running a business. The purpose of this study was to determine the effect of Brand Image and service quality on service purchasing decisions in the Islamic Economic Perspective at J&T & JNE Kec. Sukabumi, Bandar Lampung. This type of research is a quantitative research. Collecting data in this study using observation, documentation, and questionnaire methods. The population in this study were 100 J&T Express 50 and JNE Express 50 service users in Bandar Lampung. The sampling technique is Incidental Sampling using Aikunto's sampling calculations, obtaining a sample of 50 respondents each. The analytical tool used is multiple linear regression. Brand Image does not simultaneously influence the decision to purchase services (Studies on J&T and JNE service users in Sukabumi District, Bandar Lampung). Service Quality has a simultaneous effect on service purchasing decisions (Studies on J&T and JNE service users in Sukabumi District, Bandar Lampung). The J&T Express and JNE Epress companies are in accordance with the Islamic Economic Perspective seen from the Quality of Service, they have implemented the characteristics of the Prophet SAW (Shiddiq, Tabliq, Amanah, Fathonah). Keywords: Brand Image, Purchase Decision, Service Quality, Islamic Economics.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Feb 2023 03:40
Last Modified: 13 Feb 2023 03:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23120

Actions (login required)

View Item View Item