EKSPERIMENTASI LAYANAN KONSELING INDIVIDU MENGGUNAKAN TEKNIK MODELLING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG

Titis, Restu Wilujeng (2023) EKSPERIMENTASI LAYANAN KONSELING INDIVIDU MENGGUNAKAN TEKNIK MODELLING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI Titis Restu Wilujeng.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Abstrak Motivasi belajar adalah salah satu faktor pendorong untuk peserta didik agar aktif dalam pembelajaran sehingga tercapainya suatu keberhasilan dalam pembelajaran. Ada tidaknya motivasi belajar dalam diri setiap peserta didik sangat mempengaruhi keberhasilan dalam pembelajaran, keberhasilan ini akan tercapai apabila pada setiap peserta didik memiliki motivasi belajar yang tinggi. Namun kondisi pembelajaran daring menyebabkan kesulitan bagi guru untuk mengontrol suasana belajar karena terbatasnya ruang. Kondisi ini menyebabkan motivasi belajar peserta didik di SMA Negeri 7 Bandar Lampung menurun. Terdapat peserta didik yang terindikasi memiliki motivasi belajar yang rendah. Hal ini dapat dilihat dari prilaku peserta didik yang malas mengerjakan tugas, jarang mengumpulkan tugas, sering bolos ketika pembelajaran di mulai, mudah menyerah, tidak mau mencoba sesuatu yang baru, sering tidak mengisi absensi. Sehingga perlu dilakukan penelitian dengan judul pengaruh konseling individu dengan teknik modelling terhadap motivasi belajar peserta didik di SMA Negeri 7 Bandar Lampung. Tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh konseling individu dengan teknik modelling terhadap motivasi belajar peserta didik di SMA Negeri 7 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini menggunakan Single Subjcet Research (SSR). Deasin penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan desain penelitian. Desain penelitian yang digunakan pada penilitian ini adalah dengan menggunakan desain penilaian A-B-A. yaitu baseline A1 adalah suatu gambaran awal sebelum diberikan treatment, intervensi B1 adalah gambaran tentang kemampuan subyek selama diberikan perlakuan prilaku secara berulang�ulang dengan melihat hasil pada saat intervensi, dan baseline A2 dilakukan tinjauan ulang setelah dilakukan intervensi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, teknik dokumentasi, dan teknik observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskritif dengan menggunakan grafik. Pada fase baseline A1, terlihat motivasi belajar peserta didik tidak stabil. Pada fase intervensi B, konseli diberikan intervensi yaitu konseling individu dengan teknik modelling terhadap motivasi belajar peserta didik yang menunjukkan hasil peningkatan motivasi belajar pada peserta didik . Kemudian diberikan pengamatan kembali pada fase A2 tanpa diberikannya intervensi dan menunjukkan hasil yang stabil. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat dinyatakan bahwa pengaruh konseling individu dengan teknik modelling berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik di SMA Negeri 7 Bandar Lampung. Kata kunci : Konseling Individu, Modelling, Motivasi Belajar iv iv Abstract Learning motivation is one of the driving factors for students to be active in learning so that success in learning is achieved. Whether there is motivation to learn in each student greatly influences success in learning, this success will be achieved if each student has high learning motivation. However, online learning conditions make it difficult for teachers to control the learning atmosphere due to limited space. This condition causes the learning motivation of students at SMA Negeri 7 Bandar Lampung to decrease. There are students who are indicated to have low learning motivation. This can be seen from the behavior of students who are lazy to do assignments, rarely submit assignments, often skip classes when learning starts, give up easily, don't want to try something new, often don't fill in attendance. So it is necessary to do research with the title of the influence of individual counseling with modeling techniques on the learning motivation of students at SMA Negeri 7 Bandar Lampung. The aim of this study was to determine the effect of individual counseling with modeling techniques on the learning motivation of students at SMA Negeri 7 Bandar Lampung. This type of research uses Single Subject Research (SSR). The research design used in this study is to use a research design. The research design used in this research is to use the A-B-A assessment design. namely baseline A1 is an initial description before being given treatment, intervention B1 is an illustration of the subject's ability while being given repeated behavioral treatments by looking at the results at the time of the intervention, and baseline A2 is reviewed after the intervention is carried out. Data collection techniques in this study used interview techniques, documentation techniques, and observation techniques. The data analysis technique used is descriptive analysis using graphs. In the baseline phase A1, it can be seen that students' learning motivation is unstable. In the intervention phase B, the counselee is given an intervention, namely individual counseling with modeling techniques on students' learning motivation which shows the results of increasing students' learning motivation. Then given another observation in phase A2 without giving intervention and showing stable results. Based on this, it can be stated that the influence of individual counseling with modeling techniques influences the learning motivation of students at SMA Negeri 7 Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Feb 2023 07:55
Last Modified: 10 Feb 2023 07:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23109

Actions (login required)

View Item View Item