PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BENTUK GEOMETRI ANAK USIA 5 - 6 TAHUN DI RA AT-TAMAM BANDAR LAMPUNG

MADU, CAHYANA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BENTUK GEOMETRI ANAK USIA 5 - 6 TAHUN DI RA AT-TAMAM BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI MADU CAHYANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pemahaman bentuk geometri pada anak usia dini merupakan kemampuan anak dalam mengenal, menyebutkan dan mengklasifikasikan bentuk geometri. Namun, masih terdapat beberapa anak mengalami kesulitan dalam mengklasifikasikan bentuk geometri. Adapun salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menerapkan model pembelajaran yang tepat seperti menerapkan model jigsaw. Oleh karenanya, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Jigsaw dalam meningkatkan pemahaman bentuk geometri anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini adalah penelitian deskriftif kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Adapun subyek dan lokasi penelitian dilakukan di RA At-Tamam Sukarame Kota Bandar Lampung yang melibatkan guru Kelas B dan anak usia 5-6 Tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi yang dianalisis dengan menggunakan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikkan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa RA At-Tamam menggunakan model pembelajaran sentra namun di dalamnya sudah memuat unsur langkah-langkah model pembelajaran jigsaw yang terdapat 6 langkah guru dalam meningkatkan pemahaman bentuk geometri pada anak, yakni: kegiatan orientasi berupa persiapkan dan penyampaian tujuan pembelajaran, pengelompokkan, pembentukkan dan pembinaan kelompok ahli tentang bentuk geometri, diskusi dalam kelompok asal tentang apa yang telah dipelajari dalam kelompok ahli, penyelarasan materi dengan mengajak anak untuk bercerita kembali dan guru memberikan kesimpulan, dan evaluasi serta penilaian. Hasil penilaian menunjukkan bahwa pemahaman bentuk geometri pada anak melalui pembelajaran dengan menggunakan model jigsaw berkembang sesuai harapan. Kata Kunci: Model Pembelajaran Jigsaw, Bentuk Geometri, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Feb 2023 07:13
Last Modified: 10 Feb 2023 07:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23105

Actions (login required)

View Item View Item