HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN IKLIM KELAS DENGAN SELF REGULATED LEARNING PADA SISWA SMA

Elisa, Nesia (2023) HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DAN IKLIM KELAS DENGAN SELF REGULATED LEARNING PADA SISWA SMA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1+ BAB 5&DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI ELISA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Hubungan antara Efikasi Diri dan Iklim Kelas dengan Self Regulated Learning Pada Siswa SMA Oleh: Elisa Nesia Kurang lebih dua tahun Indonesia menerapkan sekolah secara daring sehingga membuat siswa terbiasa belajar dari rumah. Seiring perkembangan virus covid yang sudah mulai membaik sekolah menerapkan sistem sekolah tatap muka kembali di sekolah dengan perkembangannya pembelajaran saat ini telah dilakukan disekolah sehingga siswa dituntut untuk belajar secara maksimal mungkin aktif dalam peroses pembelajaran kurangnya perencanaan dan maksimal dalam belajar membuat siswa kurang memiliki self regulated learning sehingga menyebabkan nilai siswa kurang maksimal. Belum lagi pada saat tatap muka berlangsung siswa diperbolehkan membawa smartphone di sekolah sehingga ada saja siswa pada saat jam kelas berlangsung siswa masih kerap bermain smartphone sehingga kurang fokus belajar dan pada saat ulangan disekolah berlangsung siswa tidak segan - segan untuk mencontek karena kurang maksimalnya belajar baik di rumah maupun di sekolah. Sedangkan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi self regulated learning pada siswa adalah efikasi diri dan iklim kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara efikasi diri dan iklim kelas dengan self regulated learning pada siswa SMA, untuk menganalisis hubungan antara hubungan antara efikasi diri dengan self regulated learning pada siswa SMA dan untuk menganalisis hubungan antara iklim kelas dengan self regulated learning pada siswa SMA. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa SMA Perintis 1 Bandar Lampung kelas XI. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampel total sampling. Skala yang digunakan terdapat tiga yaitu self regulated learning dengan 29 aitem (α = 0.907), skala efikasi diri dengan 28 aitem (α = 0.868), dan skala iklim kelas berjumblah 31 aitem (α = 0.881). teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi berganda dengan bantuan software SPSS 26.0 for windows. Data yang dianalisis menunjukkan hasil analisis regresi berganda yaitu nilai R = 0,632 dengan F = 22,259 sig (p <0,01) yang menunjukkan secara bersama-sama ada hubungan antara efikasi diri dan iklim kelas dengan self regulated learning pada siswa SMA Perintis 1 Bandar Lampung dengan tingkat hubungan sedang (0,399 – 0,399) efikasi diri dan iklim kelas tersebut memberikan sumbangan efektif sebesar 39,9% terhadap variabel terikat dan 60,1% dihasilkan oleh variabel lain di luar penelitian. Hasil nilai rx1-y = 0,366 dengan sig. 0,000 (p < 0,01). Yang menunjukkan ada hubungan positif signifikan antara efikasi diri dengan self regulated learning pada siswa SMA Perintis 1 Bandar Lampung dengan sumbangan efektif sebesar 10,2%, dan nilai rx2-y = 0,568 dengan sig 0,000 ( p < 0,01.) yang menunjukkan ada hubungan yang positif signifikan antara iklim kelas dengan self regulated learning pada siswa SMA Perintis 1 Bandar Lampung dengan sumbangan efektif sebesar 29,7%. Kata kunci: Self Regulated Learning, Efikasi Diri, Iklim Kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Feb 2023 03:57
Last Modified: 10 Feb 2023 03:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23102

Actions (login required)

View Item View Item