PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF MATEMATIS dan SELF CONFIDENCE

WINDA, NUR HALIZA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF MATEMATIS dan SELF CONFIDENCE. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI WINDA NUR HALIZA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan penalaran adaptif matematis dan self confidence sangat diperlukan untuk dikuasai oleh peserta didik sebagai penunjang dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan pra penelitian menunjukkan bahwa rendahnya kemampuan penalaran adaptif matematis dan self confidence peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Way Pengubuan, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu kurang variatifnya model pembelajaran yang diterapkan. Peneliti tertarik untuk menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran adaptif matematis dan self confidence peserta didik. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Thingking Aloud Pair Problem Solving atau TAPPS. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasy Exsperiment dengan design Posttest Only Control. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Way Pengubuan, serta sampel dipilih dengan Cluster Random Sampling yaitu kelas IX B dan D. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah uji MANOVA dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan pertama, terdapat pengaruh kemampuan penalaran adaptif matematis dan self confidence antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran model pembelajaran TAPPS degan model pembelajaran Ekspositori, ditunjukkan dengan perbandingan kedua kelas bahwa rata-rata kemampuan penalaran adaptif matematis peserta didik sebesar 69,83 sedangkan pada kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran Ekpositori sebesar 56,33 dan self confidence di kelas eksperimen rata�rata sebesar 77,07 sedangkan di kelas kontrol sebesar 67,40. Kesimpulan kedua, terdapat pengaruh kemampuan penalaran adaptif matematis antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran model pembelajaran TAPPS degan model pembelajaran Ekspositori, ditunjukkan dengan signifikansi 0,005 kurang dari 0,05. Kesimpulan ketiga, terdapat pengaruh self confidence antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran model pembelajaran TAPPS degan model pembelajaran Ekspositori, ditunjukkan dengan signifikansi 0,000 kurang dari 0,05. Kata kunci: TAPPS, Kemampuan Penalaran Adaptif Matematis, Self Confidence

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Feb 2023 02:57
Last Modified: 10 Feb 2023 02:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23097

Actions (login required)

View Item View Item