PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP SIKAP PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI 5 JATIMULYO

Dewi, Tiyas Saputri (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP SIKAP PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI 5 JATIMULYO. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cover bab 1+bab 5&dapus.pdf] PDF
Download (17MB)
[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (25MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi sikap percaya diri peserta didik masih belum optimal, rendahnya sikap percaya diri pada indikator rasional diakibatkan berbagai faktor seperti penampilan fisik, konsep diri, hubungan dengan orang tua, hubungan dengan teman sebaya dan penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat. Maka perlu adanya menggunakan model pembelajaran yang tepat guna untuk mendorong sikap percaya diri peserta didik, dengan adanya model pembelajaran yang baru dapat membantu meningkatkan sikap percaya diri peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis Quasi Experimental Design dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design dengan menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah 92 orang, dengan sampel yang berjumlah 60 orang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengambilan data peneliti menggunakan wawancara, kuesioer/angket, dan dokumentasi. Berdasarkan jenis penelitian tersebut penelitian ini terdapat kelompok eksperimen yang mendapatkan treatment yaitu menggunakan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Adapun kelompok kontrol yang mendapatkan treatment dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Larning. Penilaian pada jenis ini dilakukan saat pretest dan posttest, terhadap kelompok eksperimen maupun kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dapat meningkatkan sikap percaya diri peserta didik kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 5 Jatimulyo, Lampung Selatan. Berdasarkan hasil analisis data, pada kelas eksperimen dapat dilihat dari nilai rata-rata nilai pretest 30,13 dan nilai posttest 33,43 lebih tinggi dari pada sikap percaya diri kelas kontrol dengan nilai pretest 27,06 dan nilai posttest 31,03. Hasil penelitian juga memperlihatkan bahwa pada hasil perhitungan uji hipotesis dengan signifikansi 0,05 menunjukkan 0,000<0,05. Maka dapat disimpulkan hipotesis pada penelitian tersebut diterima dimana adanya pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap sikap percaya diri peserta didik yang ditunjukkan pada nilai sig. 0,000<0,05 artinya ditolak dan diterima. Kata kunci: Model Pembelajaran; Kooperatif; Think Pair Share(TPS); Percaya Diri; Bahasa Indonesia ABSTRACT The background of this research is that students' self-confidence is still not optimal, low self-confidence on rational indicators is caused by various factors such as physical appearance, self-concept, relationships with parents, relationships with peers and the use of inappropriate learning models. So it is necessary to use an appropriate learning model to encourage students' self-confidence, with a new learning model that can help increase students' self�confidence.. The method used in this study is a quantitative research method with the type of Quasi Experimental Design with the design of the Nonequivalent Control Group Design using the experimental class and the control class. The population in this study was 92 people, with a sample of 60 people. The technique used in sampling in this study is purposive sampling. The researcher's data collection technique used interviews, questionnaires, and documentation. Based on this type of research, there was an experimental group that received treatment using a Think Pair Share (TPS) cooperative model. The control group received treatment using the Discovery Larning learning model. This type of assessment was carried out at the pretest and posttest, to the experimental and control groups. The results showed that the think pair share (TPS) cooperative learning model can increase the self-confidence of fourth grade students at public elementary school 5 Jatimulyo, South Lampung. Based on the results of data analysis, the experimental class can be seen from the average value of the pretest value of 30.13 and the posttest value of 33.43 which is higher than the self-confidence of the control class with a pretest value of 27.06 and a posttest value of 31.03. The results also showed that the results of the calculation of the hypothesis test with a significance of 0.05 showed 0.000 <0.05. So it can be concluded that the hypothesis in this study is accepted where there is a significant influence of the think pair share type of cooperative learning model on the students' self-confidence which is shown in the sig value. 0.000 <0.05 means that it is rejected and accepted. Keywords: Learning Model; Cooperative; Think Pair Share(TPS); Self-confident; Indonesian

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Feb 2023 02:25
Last Modified: 10 Feb 2023 02:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23093

Actions (login required)

View Item View Item