STRATEGI SEGMENTASI PASAR DALAM PENINGKATAN JUMLAH PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BMT ASSYAFI’IYAH BERKAH NASIONAL CABANG DAYAMURNI

ASMITA, DEWI SANTI (2023) STRATEGI SEGMENTASI PASAR DALAM PENINGKATAN JUMLAH PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BMT ASSYAFI’IYAH BERKAH NASIONAL CABANG DAYAMURNI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI ASMITA DEWI SANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK BMT Assyafi’iyah Berkah Nasional Cabang Dayamurni merupakan salah satu lembaga jasa keuangan yang bertujuan mengembangkan usaha-usaha produktif dan menghimpun dana dengan tujuan meningkatkan taraf ekonomi para pelaku UMKM melalui pembiayaan usaha, salah satu produk pembiayaan BMT Assyafi’iyah Berkah Nasional Cabang Dayamurni adalah pembiayaan murabahah. Dengan demikian rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana strategi segmentasi pasar dalam peningkatan jumlah pembiayaan murabahah di BMT Assyafi’iyah, untuk mengetahui bagaimana prosedur pemberian pembiayaan murabahah di BMT Assyafi’iyah, dan bagaimana strategi segmentasi pasar dalam peningkatan jumlah pembiayaan murabahah dalam perspektif Islam. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Data yang dibutuhkan adalah hasil wawancara (interview), observasi dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah dan calon nasabah BMT Assyafi’iyah Berkah Nasional Cabang Dayamurni. Data-data yang diperoleh kemudian penulis analisis dengan mengaitkan antara strategi segmentasi pasar dengan konsep teori yang ada. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi segmentasi pasar yang dilakukan oleh BMT Assyafi’iyah ini sudah efektif untuk meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan murabahah. Adapun prosedur pemberian pembiayaan murabahah yaitu pertama nasabah datang ke kantor untuk penjelasan lebih lanjut, kedua melengkapi persyaratan pengajuan pembiayaan murabahah, ketiga nasabah melengkapi persyaratan yang telah ditentukan oleh kantor, keempat proses survei, kelima proses komite cabang, komite pusat terakhir penjadwalan pencairan. Kata kunci : Segmentasi Pasar, Pembiayaan Murabahah ABSTRACT BMT Assyafi’iyah Berkah Nasional Cabang Dayamurni is a financial service institution that aims to develop productive businesses and raise funds with the aim of increasing the economic level of UMKM acors through business financing murabahah. Thus yhe formulation of the problem of this research is what is the market segmentation strategy in increasing the amount of murabahah financing at BMT Assyafi’iyah, to find out how the procedure for providing murabahah financing at BMT Assyafi’iyah, and how the market segmentation strategy is in increasing the amount of murabahah financing in an Islamic perspective. This research was conducted using a type of field research (field research) with a qualitative approach. The data needed is the result of the interview, observaion and, documentation. The population in this study are customers and prospective customers of BMT Assyafi’iyah Berkah Nasional Cabang Dayamurni. The data obtained is then analyzed by the authors linking the market segmentation stratery with exitsting theoretical concepts. The results of this study indicate that the market segmentation straegy implemented by BMT Assyafi’iyah has been effective in increasing the number of murabahah financing customers. The procedure for providing murabahah financing is that first the customer comes to the office for further explanation, secondly completes the requirements for applying for murabahah financing, thirdly the cusomer comletes the requirements determined by the office, fourth is the suevey process, fifth is the branch committe process, the last central committe is scheduling disbursement. Keywords: Market Segmentation, Murabahah Financing

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Feb 2023 07:05
Last Modified: 09 Feb 2023 07:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23085

Actions (login required)

View Item View Item