PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENGGUNAKAN PRODUK GADAI DI PEGADAIAN SYARIAH KCP RADEN INTAN BANDAR LAMPUNG

Angga, Suprayitna (2023) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENGGUNAKAN PRODUK GADAI DI PEGADAIAN SYARIAH KCP RADEN INTAN BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Angga Suprayitna.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Gadai merupakan pembiayaan yang kini banyak digunakan masyarakat untuk memenuh kebutuhannya. Gadai syariah menjadi salah satu produk pembiayaan yang ditawarkan oleh pegadaian syariah sebagai alternatif yang paling banyak diminati masyarakat. Dengan meluas dan banyaknya permintaan gadai dari masyarakat tentu hal ini akan dimanfaatkan secara baik oleh para pelaku bisnis dengan menyediakan jasa atau produk layanan yang menyerupai gadai yang kemudian masyarakat selaku konsumen memiliki cukup banyak pilihan produk gadai, yang pada akhirnya tentu masyarakat akan lebih mempertimbangkan beberapa aspek terkait seperti kualitas pelayanan dan brand image dalam menentukan keputusan memilih produk gadai. Dari latar belakang diatas, peneliti ingin mengetahui apakah kualitas pelayanan dan brand image berpengaruh terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan produk gadai di Pegadaian Syariah KCP Raden Intan Bandar Lampung? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan brand image terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan produk gadai di Pegadaian Syariah KCP Raden Intan Bandar Lampung. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan berdasarkan perhitungan rumus chocran ditentukan jumlah sampel 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik uji dan analisis data meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda dengan uji T, uji F serta koefisien determinasi (R2 ) menggunakan SPSS 23. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa faktor kualitas pelayanan berpengaruh secara positif dan signifikan dan faktor brand image berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah. Serta kualitas pelayanan dan brand image memiliki pengaruh terhadap keputusan nasabah dengan koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,726 atau 72,6%. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Brand Image, Keputusan Nasabah ABSTRACT Pawn is a financing that is now widely used by the community to meet their needs. Islamic pawnshops are one of the financing products offered by Islamic pawnshops as an alternative that is most in demand by the public. With the expansion and demand for mortgages from the public, of course, this will be put to good use by business people by providing services or service products that resemble pawnshops. Then the community as consumers have quite a lot of choices of pawn products, which in the end, of course, the public will consider several aspects more related factors such as service quality and brand image in determining the decision to choose a pawn product. From the background above, the researcher wants to know whether service quality and brand image affect customer decisions in using pawn products at the Sharia Pawnshop KCP Raden Intan Bandar Lampung. The purpose of this study was to determine the effect of service quality and brand image on customer decisions in using pawn products at KCP Raden Intan Bandar Lampung Islamic Pawnshops. The method used in this research is quantitative. Determination of the sample using purposive sampling technique and based on the calculation of the Chocran formula determined the number of samples of 100 respondents. Data collection techniques using observation, questionnaires, and documentation. Test techniques and data analysis include validity test, reliability test, classic assumption test, multiple linear regression with T test, F test and the coefficient of determination (R2) using SPSS 23. Based on the research results obtained, it shows that the service quality factor has a positive and significant effect and the brand image factor has a positive and significant effect on customer decisions. As well as service quality and brand image have an influence on customer decisions with a coefficient of determination (R2) of 0.726 or 72.6%. Keywords: Service Quality, Brand Image, Customer Decision

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Feb 2023 06:52
Last Modified: 09 Feb 2023 06:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/23081

Actions (login required)

View Item View Item